Langsung ke konten utama

Di Mana Sate Ayam Terenak di Jakarta Timur? Dan Di Mana Nasi Goreng Kaki Lima Terenak di Jakarta Timur

Wahai kalian semua warga Duren Sawit, Pondok Kelapa dan sekitarnya....
Ada pertanyaan nih….

Di manakah Sate Ayam yang paling enak di Jakarta?

Kalau jawaban kalian Sate Ayam depan RSPP (Rumah Sakit Pertamina Pusat)
Well..well…well…itu memang enak…tapi kan dari Jakarta Timur, jauh dong mau ke sana. Kalau perut lapar, sampai sana sudah keburu pingsan, kelesss…

Kita-kita yang di Klender, Bintara, Lampiri, Galaxy, Curug, Jatiwaringin, Pangkalan Jati, Pondok Kelapa, dan Duren Sawit, nyarinya yang dekat rumah aja. Yang bisa dinikmati sehari-hari..Enak, perlu, dan kenyang…
Ayo di mana?

Kalau jawaban klean: Sate Ayam Pak Tohir, Pondok Kelapa…maka jawaban kalian ponten 9!
Benar..tapi belum benar banget karena ada yang lebih enak, Bro!

Kita cerita dulu tentang Sate Ayam Pak Tohir. Dulunya ia dikenal sebagai Sate Ayam Indomaret, sebab mangkalnya di depan toko gypsum, persis di sebelah Indomaret, di samping Apotik Pondok Kelapa. Kalau dari Jalan Kalimalang kira-kira 300 meter dari simpangan lampu merah Lampiri (Burger and Grill). Sewaktu toko gypsum merenovasi bangunannya, maka warung sate Pak Tohir terpaksa tergusur dan pindah.

Pindahnya tidak jauh sih, hanya bergeser ke seberangnya kira-kira 50 meter. Maka sekarang Warung Sate Pak Tohir berada di sebelahnya Seven Eleven Pondok Kelapa. Memang tendanya jadi agak tersembunyi, namun yang penting, cari saja asap bakaran sate yang mengepul. Nah, itulah dia warungnya.


Ini dia sate terenak di Jakarta Timur: Sate Madura Pak Tohir di sebelah Seven Eleven Pondok Kelapa

Laris manis...sehingga tak jarang jam 9 malam sudah habis. Bukanya jam 5 sore. Ini langganan saya. Kalau lagi males makan, tinggal keluar rumah, jalan sedikit, maka sampailah di warung sate madura ini. Selera makan pun muncul kembali. Nikmat. Harga 15 ribu per porsi (10 tusuk) sudah termasuk lontong.


Saya cukup bahagia dengan kehadiran sate ayam ini. Sampai kemudian suatu hari dokter gigi langganan saya memberitahukan Warung Sate Ayam Madura yang katanya lebih enak lagi dari Sate Pak Tohir

Hah?? Wahhh??? Oyaa??  Ciuss nih?

Ya, ya.. Beliau ini, sang ibu dokter gigi, mengaku sebagai penggemar sate. Sering keliling antero Jakarta hanya untuk hunting sate enak. Rumahnya di Komplek DKI Pondok Kelapa sehingga ia pun hafal di mana sate yang enak sekitar sini. Dan kata bu dokter, Sate Pak Tohir juga salah satu warung langganannya. Namun ada yang lebih enak ujarnya. Daging ayamnya lebih empuk. Bumbu kacangnya lebih nikmat. Lontongnya lebih lezat. Dan inilah rekomendasi beliau: Sate Ayam Billy Moon!

Wuah, tidak sabar ingin mencoba. Saya juga penggemar sate sebagaimana sang dokter. Sejak SMA saya sudah nge-fans sama yang naanya sate. Dulu saya suka menyisihkan uang ongkos naik oplet hanya untuk jajan sate setiap malam minggu. Sampe segitunya lho…

So, tunggu apa lagi. Keesokan harinya, segera saya bawa istri dan anak-anak meluncur ke Billy Moon.


Sate Ayam paling enak di Jakarta: Sate Lapangan Tenis Billy Moon, Pondok Kelapa

Sudah pada tahu belum Billy Moon itu di mana?

Gampang…pokoknya ke Jalan Kalimalang saja deh. Kemudian cari Transmart Carrefour Kalimalang. Nah, di sebelahnya Transmart ini kan ada pom bensin. Dan di sebelahnya pom bensin itu, di antara Rumah Makan Pagi Sore, ada sebuah jalan masuk komplek perumahan lengkap dengan gerbangnya, bertuliskan: Komplek Billy & Moon. Nah itulah dia.

Masuk saja ke Kompleks Billy and Moon ini melintasi gerbang tersebut. Pelan-pelan saja. Kira-kira 500 meter di depan akan ketemu perempatan jalan dan lapangan tenis (di sisi kanan jalan). Nah, itulah dia. Tersebutlah sebuah gerobak sate mungil. Tanpa tenda. Hanya gerobak. Mangkal di depan lapangan tenis.

Adanya cuma malam hari lho. Jangan sampai salah. Makanya jangan berharap bakal nemu yang jual sate ayam kalau siang hari. Bukanya khusus malam hari.

Eh...Tapi kok yang beli gak rame-rame amat ya? Maksudnya,..rame tapi tidak sampe antri bejibun gitu sebagaimana Sate Ayam RSPP ya?

Nah itulah dia!

Saya baru saja memberi tahu kalian suatu "rahasia". Orang-orang banyak yang belum tahu tentang sate ayam terenak se-Jakarta Timur ini. Kalian beruntung mampir di blog ini. Jadi tahu kan? Hehehe....

Soal rasa, Sate Pak.. Ini tidak kalah dengan Sate Ayam RSPP. Harganya lebih murah - hanya Rp 17 ribu untuk 10 tusuk sudah termasuk lontong. Memang potongan dagingnya lebih kecil daripada sate di RSPP. Namun harga juga jauh beda lho. Di RSPP sekarang sudah Rp 24 ribu lho. Memang sih, kalau makan sate RSPP pasti kenyang banget yak? Nah, kalau yang di Billy Moon,..porsinya lebih pas! Dan istri saya suka sekali dengan lontongnya. Katanya lontongnya enak dan pas!

Sate Ayam Madura di sebelah Lapangan Tenis Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Paling enak!

Ada lagi nih yang enak di sini, di pinggir Lapangan Tenis Billy Moon ini, yaitu Nasi Goreng. Ya..sekali lagi Anda beruntung. Ini info juga belum banyak yang tahu lho.

Kalau lagi menunggu sate dibakar, maka akan tercium aroma nasi goreng sedang dimasak. Sedap, harum, nan menggugah selera sekali aroma nasi gorengnya. Bener-bener bikin lapar lho. Gerobak nasi gorengnya sederhana, namun sajiannya istimewa.

Tidak usah ragu, langsung saja pesan nasi goreng plus sate ayamnya. Dua-duanya saja. Tidak bakal kekenyangan, sebab porsi nasinya tidak terlalu banyak. Jadi ngepas. Harganya juga murah kok. Cuma 10 ribu per porsi. Kecuali kalau mau pakai tambahan telur dadar atau "gila" (orek ayam).

Nah, orek ayam ini lezat gila lho.. Dibikinnya dari daging ayam si tukang sate yang kemudian dilepas dari tusuknya. Lalu ditumis dengan bumbu spesial si tukang nasi goreng. Rasanya? Lezat mantap gila! Dicampurkan ke nasi goreng tadi...Aduhhh, mati gue..mati gue...



Alamat Sate Ayam Enak di Jakarta Timur:

Sate Ayam Khas Madura Pak Tohir
Jalan Pondok Kelapa Raya, Kavling DKI Pondok Kelapa, Sebelah Seven Eleven Pondok Kelapa,
Jakarta Timur

Sate Ayam Khas Madura Billy Moon
Jalan Kelapa Hijau Raya, 
Kompleks Billy and Moon, Pondok Kelapa, Sebelah Lapangan Tenis Billy Moon, Pondok Kelapa, Jakarta Timur

Alamat Nasi Goreng Enak di Jakarta Timur:

Nasi Goreng Billy Moon
Jalan Kelapa Hijau Raya, 
Kompleks Billy and Moon, Pondok Kelapa, Sebelah Lapangan Tenis Billy Moon, Pondok Kelapa, Jakarta Timur

Komentar

Posting Komentar

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…

Panduan Mudik Jakarta - Palembang Jalan Darat Bawa Mobil

Mau ke Palembang nih ceritenye? Ade ape?
Oohh...lagi dinas ya? Urusan kantor?
Atau lagi kondangan, dapet undangan pernikahan saudara dekat?

Kalau kami, kebetulan baru aja silaturahmi sekaligus liburan. Yah,.. belated homecoming gitu dehh,...alias mudik telat. Udah lebaran ketiga baru deh beranjak ke kampung halaman, meluncur pakai mobil, jalan darat Jakarta – Palembang.

Jadinya sih enak juga. Jalanan kosong melompong sepanjang jalan. Belum ada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang beropearsi. Truk dan pick up pengangkut logistik juga belum pada jalan. Lengang....Alhasil, jarak 600 km ditempuh dalam waktu hanya 18 jam saja. Kami berangkat dari rumah Pondok Kelapa jam 4:00 pagi, dan tiba di Plaju, Palembang jam 22:00. Ini tergolong cepat, sebab bilamana musim mudik, perjalanan bisa sampai 24 jam bahkan 36 jam. Wuih,..lama ya?

Iya,..sebab yang bikin lama itu antri di Pelabuhan Merak waktu mau masuk kapal Ferry. Pernah tuh, dua tahun yang lalu,..kami antri sampai 6 jam di pelataran p…
Custom Search