Langsung ke konten utama

Di Mana Tempat Makan yang Enak dan Nyaman di Sekitar Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur

Pernah dengar Ikan Bakar dalam Bambu? Apaan tuh?
Itu hidangan khas entah dari mana...mungkin dari Pulau Karimata dekat Kalimantan sana. Ikan Patin dimasukkan ke dalam potongan bambu hijau bersama dengan beragam bumbu lalu dibakar. Semacam pepes.

Rasanya bagaimana?
Kok ya mirip-mirip seperti rendang ya? hehehe...iya lhoh..istri saya juga bilang begitu. Sepertinya ini bikinnya pakai santan.

Ikan bakar dalam bambu "Karimata" ini porsinya lumayan besar. Satu ekor ikan patin ukuran sedang, kami makan berdua selalu saja tidak pernah habis. Sepertinya untuk 3 orang juga cukup. 4 orang juga bisa bahkan.

Ini dia Ikan Patin bakar dipepes dalam bambu (kanan). Kalau yang kiri, itu ikan dori saus mayonaise

Nah, bagi yang suka berwisata, jalan-jalan ke Sentul City pastinya sudah tahu tuh Rumah Makan Ikan Bakar Bambu di dekat simpang Pintu Tol, Jalan M.H. Thamrin, Sentul.  Tapi rupanya, bagi kami yang di Jakarta Timur tidak perlu jauh-jauh ke Sentul kalau mau menikmati masakan lezat ini. Cukup pergi saja ke Taman Mini. Persis di sebelahnya Mall Tamini Square, ada Taman Anggrek Nusantara. Nah, di area yang sama dengan Taman Anggrek Indonesia Indah inilah tersebut sebuah restoran dua lantai: Ikan Bakar dalam Bambu "Karimata".

Entah yang mana yang pusat mana yang cabang. Saya tidak tahu mana yang duluan, yang di Sentul atau yang di Taman Mini ini. Yang jelas, kalau teman-teman lagi di seputar Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan bingung mau makan di mana..langsung saja deh ke sini. Menurut saya, ini rumah makan yang paling representatif. Susah memang cari rumah makan di sekitar sini. RM Sederhana dan semacamnya tidak ada. Bahkan sampai ke sekitar Simpang Hek (Kramat Jati) juga tidak ada tempat makan yang memadai lho (enak dan nyaman).

Kami sering nih menghadiri undangan resepsi pernikahan di gedung-gedung di Taman Mini dan pulangnya suka kelaparan (hehehe.. Aneh ya? Soalnya kalau kondangan kita suka keasyikan ngobrol sih, jadi makannya sedikit). Jadi dulu suka bingung mau makan di mana. Sampai akhirnya tidak sengaja kami menemukan Restoran Favorit keluarga yang ini. Problem solved!

Bangunannya dua lantai. Mobil bisa masuk, drop off ke lantai dua

Makan di Rumah Makan Patin Bakar dalam Bambu “Karimata” habis berapa duit? Berapa harganya?

Kami kemarin makan berempat (2 dewasa dan 2 anak), bayarnya Rp 286.000. Pesanan kami: Ikan Bakar dalam Bambu (Rp 120.000+), Ikan Dori Crispy Saus Mayonaise (Rp 65.000+) dan Nasi Putih (4 x Rp 5.000+). Minumnya Jus Melon (Rp 15.000+), Jus Stroberi (Rp 15.000+), Teh Tawar (Rp 3.000+) dan Chocolate Milkshake (Rp 22.000+). Memang untuk anak-anak kami pesankan ikan dori crispy, sebab Ikan Bakar Patin dalam Bambu ini lumayan pedas. Anak-anak tidak tahan

Di sini itu, area makannya luas sekali lho. Mejanya banyak. Kapasitas cukup untuk bikin acara kumpul-kumpul makan bareng, misalnya reunian (bisa muat sampai 800 orang), arisan, kumpul keluarga (family gathering), halal bihalal, buka bersama, company gathering, dan acara lainnya. Tersedia 4 buah ruang meeting VIP (kapasitas 100 orang), Ada area non smoking (bebas rokok) yang pakai AC (kapasitas 125 orang dan 100 orang). Ada pula yang smoking area (boleh merokok). Kami sih selalu pilih yang non-smoking area. Soalnya udara Jakarta puanass Bro! Mendingan cari yang pakai AC aja deh. :)

Ini nih ruangan ber-AC tempat kami makan. Bisa lesehan, bisa juga duduk di kursi

Oya, di sini banyak juga lho orang-orang yang pesannya itu dibungkus alias Take Away. Kemasan kotaknya lucu. Bentuknya memanjang gitu. Jadi kaya pesan kebab.

Alamat Ikan Bakar dalam Bambu Karimata, TMII Jakarta:
Taman Anggrek Indonesia Permai (Samping Mall Taman Mini Square), Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur
Telpon: 021 2946 8156
Hp: 0812 1264 5676

Komentar

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Rumah Makan Arab: Nasi Kebuli dan Sate Kambing di Condet, Jakarta Timur

Kemaren makan di restoran Jepang. Hari ini mau cobain restoran Arab. Mau masakan Arab?

Nih ada rekomendasi yang enak bin lezat bin ajibbb...Saya tahunya dari istri saya, sementara ia tahu dari temannya yang keturunan Arab yang tinggal di sekitar situ. Namanya SATE TEGAL ABU SALIM. Aha,..sang teman ini memang punya benang merah erat sekali dengan rumah makan ini. Apa pasal? Coba simak! Pertama, ia dan “Abu Salim” sama-sama keturunan Arab. Kedua, mereka sama-sama berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Dan ketiga, tinggalnya pun berdekatan: satu di Cililitan, satu lagi di Condet. Klop!

Condet, terkenal dengan salaknya. Di sini, selain ada perkampungan Betawi, juga banyak orang keturunan Arabnya juga. Makanya di sepanjang jalan sempit lebar dua mobil ini banyak bertebaran toko parfum, oleh-oleh haji, kurma, dan obat herbal Arab. Semuanya mirip-mirip. Jadi bingung mana tempat yang bagus untuk dikunjungi. Itulah untungnya kalau punya rekomendasi dari sobat. Walau di sini banyak rumah makan Arab, …

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…
Custom Search