Langsung ke konten utama

Hotel di Puncak, Bogor di Mana Anak-anak bisa Main dan Rekreasi Tanpa Harus Keluar Hotel


Selepas dari Taman Matahari, tepat jam 12:30 kami pun mulai lapar. Browsing dulu di internet mau makan apa di mana? Keluarlah yang khas Puncak: Warung Sate Pak H. Kadir. Di mana tuh?

Di mana-mana ada alias banyak cabangnya. Dan salah satunya, cabang ke-3, ternyata berada persis di seberang hotel yang kami tuju, yakni di depan HOTEL ROYAL SAFARI GARDEN. Wah, kebetulan sekali yakkk..sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Maka kami bisa check-in hotel, parkirkan mobil, taruh barang-barang ke kamar, setelah itu langsung makan siang. Kebetulannya lagi, Unit Rhino yang kami pilih ternyata letaknya di area depan, dekat gerbang masuk. Jadi cukup jalan kaki saja ke Sate Haji Kadir.

Menuju ke lobi Hotel Royal Safari Garden

Lobi Hotel Royal Safari Garden, Puncak, Bogor

dari depan lobby hotel RSG, Puncak

Selesai makan, kami kembali ke hotel.  Begini nih unit tempat kami menginap. Namanya Rhino, artinya Badak. Di Hotel Royal Safari Garden ini ada juga unit bungalow tipe Dolphin, Tiger, Lion dan Girrafe; atau yang unit kamar tipe Komodo, Anoa, Cendrawasih, dan Leopard. Semua pakai nama-nama hewan, total 252 unit.

Hotel Royal Safari Garden ini luas sekali (13 hektar), jadi kalau yg tinggalnya di cottage belakang, ke sananya harus pakai mobil. Makanya di sini ada mobil wara-wiri (mini train) yang bisa mengantarkan kita keliling area kompleks hotel. Mau naik tinggal bayar 10 ribu, atau bisa menggunakan tiket voucher yang diberikan gratis kepada tamu hotel. Kalau menginap di sini, nanti dapat 2 buah tiket voucher untuk 9 permainan antara lain: flying fox, naik gajah atau onta (animal ride), mini golf (putt putt golf), bom-bom car (bumber car), train (kiddy ride), wara-wiri (mini train), dan perahu kayuh (paddle boat).

Aktivitas di Resort Safari Garden Puncak: basket, ping pong, renang, dll

Asyik ya..jadi anak-anak tidak perlu lagi keluar ke mana-mana untuk main di sini. Seharian kita bisa rileks di sini. Bahkan sepertinya sehari juga tidak cukup, perlu dua hari. Iya…beneran lho…
Kemarin itu kami sampai-sampai kekurangan waktu buat eksplore keseluruhan area. Belum lagi kalau kita mau ke “Taman Safari yang sebenarnya” (maksud saya Taman Safari Indonesia)… Soalnya para tamu Hotel RSG dapat diskon Rp 100 ribu untuk masuk ke Night Safari (Safari Malam). Sayang juga sebenarnya kami kemarin tidak sempat ke sana.

Unit Rhino, tempat kami menginap, dari depan terlihat kecil. Lebarnya sekitar 4 meter saja. Tapi ternyata pas dibuka, wow..luas Bro!...karena terdiri dari dua lantai dengan 3 kamar tidur: 1 di bawah dan 2 di atas. Jadi muat untuk 6 orang dewasa plus anak-anak. Buat dua keluarga juga bisa nih.

Yang di bawah fasilitasnya kamar twin bed (king size), kamar mandi, lemari, meja tulis, TV dan AC. Kalau dua kamar di atas masing-masing fasilitasnya dua buah single bed, kamar mandi, lemari, meja tulis, dan tanpa TV dan tanpa AC. Tapi tak mengapa. Udara Puncak kan sudah sejuk. Ada AC atau tanpa AC tidak begitu terasa bedanya.

Di lantai bawah, ada ruang duduknya. Nah, di sinilah anak-anak pada bermain. Ya, ke manapun mereka pergi mereka memang selalu bawa mainan kesayangan.


Ruang Duduk di Unit Rhino - Bungalow 3 kamar Hotel Royal Safari Garden, Puncak - Bogor

Kamar Utama di Lantai Bawah Unit Rhino - Bungalow 3 kamar
Hotel Royal Safari Garden, Puncak - Bogor

Kamar ketiga di Lantai Atas Unit Rhino - Bungalow 3 kamar 
Hotel Royal Safari Garden, Puncak - Bogor

Kamar ketiga di Lantai Atas Unit Rhino - Bungalow 3 kamar 
Hotel Royal Safari Garden, Puncak - Bogor

Istirahat sejenak, merebahkan diri, cuci muka dan berbaring.. Lalu petualangan segera dimulai!

Ke mana kita hari ini?

Dimulai dengan mengitari kompleks Resort Royal Safari Garden pakai "odong-odong" alias mini train. Tujuannya untuk membaca  situasi…Hehehe..maklum sebagai agen rahasia dapur, hal pertama untuk memenangkan pertempuran musti tahu medan dulu…Melewati Kolam Reptil, dan…Aha! Ternyata Mini Golf sudah dibuka.

Anak-anak mau main ini. Maka kami pun berhenti di situ, dan mulailah anak-anak main putt-putt golf. Ada 15 holes. Dipinjamkan stick (golf club) dan 1 bola.
Tips buat kalian: Jangan masukkan bola ke holes 9 ya…Kenapa? Hehehe…you’ll find out!

Aktivitas di Resort Safari Garden Puncak: putt putt golf untuk anak-anak

Setelah itu lanjut menikmati main bumper ride (bom bom car), lalu menyeberang ke Taman Burung.

Wah..Taman Burung di Royal Safari Garden ini indah dan lengkap lho.. Banyak sekali koleksi burungnya dan pada cantik-cantik semua. Anak saya begitu lihat langsung teringat Angry Birds Rio, soalnya banyak koleksi parrot (kakak tua) dengan beragam warna-warna cemerlang nan indah. Ada sarang burung yang besar sehingga burung-burung bisa terbang bebas dan kita pun bisa masuk di situ memotret mereka atau ber-selfie bareng mereka.

Taman Burung di Hotel Royal Safari Garden, Puncak - Bogor

Menjelang sore, anak-anak pengen berenang... Yippiii!
Maklumlah, anak yang paling gede ini baru aja masuk les renang. Jadi dia yang paling antusias nih. Hehehe.. Padahal kan airnya dingin ya? Namun, hasrat bermain mengalahkan segalanya. Maka mainlah ia sepuasnya meluncur di perosotan, kolam volcano, dan kolam cetek air hangat. Cuma setengah jam. Lebih dari itu tak sangguplah ia. Bibirnya sudah biru kedinginan... Hehehe.. yah, langsung bilas dan balik ke kamar hotel.

Malam hari, gerimis dan dingin-dingin empuk. Saatnya makan malam dan istirahat, mempersiapkan diri untuk kegembiraan esok hari. Namun, tetap tidaklah membosankan di Hotel Royal Safari Garden. Mereka mempersembahkan atraksi malam hari. Lokasinya di Dining Area (ruang makan). Di sana ada panggung menampilkan sirkus, trapeze dan Pertunjukan Binatang (Animal Show). Dan yang mendebarkan, setelah itu, atraksi memberi makan Macan Tutul (Leopard).

Ada sepasang macan tutul di dalam sangkar kaca yang sangat lincah sekali memanjat. Tiap pagi (saat breakfast) dan malam (saat dinner), mereka menunjukkan keterampilan mereka itu.


Atraksi Sirkus saat makan malam di Hotel Royal Safari Garden, Puncak - Bogor

Selepas show, kami cari makan malam. Di mana ya enaknya? Yang khas Puncak, Bogor tapi jangan sate lagi. Soalnya tadi siang kan sudah sate. Masa sate kambing lagi? Meskipun di sini memang yang banyak itu ya sajian aneka sate kambing. Ada Sate PSK (Pedagang Sate Kiloan), ada Sate Sawargi, ada Sate Shinta, dan lain-lain.

Selain sate, adanya Cimory. Yang ini sajiannya kebanyakan masakan barat. Padahal kali ini, kami inginnya masakan tradisional Indonesia, resep leluhur dan restorannya itu sudah berdiri sejak lama. Sudah teruji kelezatan dan kenyamanannya. Di mana tuh?

Buka-buka internet semua mengkerucut ke satu tempat: Bumi Aki. Letaknya ada di Puncak Pass.

Aduh, malam minggu jalan raya puncak macet padat merayap, Bro! Bisa-bisa kelaparan di jalan. Malahan takutnya sampai sana restorannya sudah keburu tutup pula.. Hadeuhhhh...

Namun untunglah, di dekat Hotel Royal Safari Garden – Cisarua ini ada cabangnya Bumi Aki. Namanya Bumi Nini. Hehehe..ini memang pasangannya: Aki - Nini (kakek - nenek). Kami pun segera meluncur ke sana.

Keesokan harinya di hotel, kami bangun pagi-pagi. Jangan kesiangan! Rugi…karena banyak sekali yang bisa dilakukan di sini. Kami menyewa sepeda (Rp 25 ribu per jam) untuk dibawa berolahraga keliling kompleks hotel. Olahraga dulu sebelum sarapan pagi. Cukup melelahkan juga, mengingat jalurnya yang naik turun berkontur.

Bagi yang sukanya olahraga lain, di sini banyak sekali pilihan. Bisa sewa bola kemudian main basket, volley, badminton, ping pong atau tenis. Seru ya?

Makanya di sini itu, selain keluarga, banyak juga rombongan dari kantor atau perusahaan yang sengaja outbound training ataupun family gathering.

Selepas olahraga dikit, lanjut sarapan pagi. Makannya ala buffet (prasmanan) hidangan nusantara. Ada mie goreng, nasi goreng, nasi putih, lauk daging semur, omelet telur, soto, dan lainnya. Mau jamu juga ada. Nah, ini cukup unik, berbeda dari hotel-hotel lainnya. Untuk menambah stamina, beras kencur mantabb nih. Kunyit asam juga boleh…atau mau jamu kuat?

Sambil makan pagi, kita akan kembali ditemani dengan suguhan Pentas Satwa (Animal Show) dan Atraksi Leopard yang makan pagi sambil mengaum dan memanjat pohon.

Makan Pagi di Hotel Royal Safari Garden, Puncak - Bogor

Atraksi hewan-hewan pintar dan terlatih saat makan pagi

Sajian jamu di Hotel Royal Safari Garden, Puncak - Bogor

Atraksi Macan Tutul saat makan pagi dan makan malam

Jangan lama-lama sarapannya lho. Soalnya atraksi outdoor yang asyik sudah menanti. Mulainya jam 9 pagi diawali pawai gajah berparade mengelilingi area lapangan. Nanti mulai jam 10, gajah-gajah itu sudah bisa ditunggangi (Animal Ride). Tinggal tunjukkan tiket voucher yang didapat atau bayar Rp 25 ribu per orang. Kalau mau menunggangi unta juga bisa. Kuda poni juga bisa.

Atraksi lainnya berupa pentas satwa anjing dan burung-burung di lapangan hijau di situ. Yang ini, gratis. Semua boleh nonton. Dan selepas show, kita boleh ikut berfoto bareng burung-burung jinak itu.

Nah, Minggu pagi itu, selepas sarapan kami langsung menuju ke sisi kanan dalam kompleks hotel, karena anak-anak sudah tidak sabar ingin main. Semua dicobain; mulai dari paddle boat (kapal kayuh di kolam ikan), melukis baju, naik unta, naik kuda, naik gajah, naik kereta-keretaan, dan favorit anak saya: Flying Fox. Yang ini bahkan dia maunya naik 2x. Sayanya yang dag dig dug derr...apalagi dia sukanya naik yang jalur panjang nan tinggi. Tidak puas yang jalur pendek. Hadeuhh..saya menemani ia manjat tower nya sampai ke atas..kaki saya yang gemetaran.. Heehehehe..

Aktivitas di Resort Royal Safari Garden Puncak: anak-anak bisa naik unta dan gajah

Aktivitas di Resort Royal Safari Garden, Puncak: anak-anak bisa naik flying fox dan melukis

Pentas burung-burung terlatih di Resort Royal Safari Garden, Puncak

Pentas anjing-anjing terlatih di Resort Royal Safari Garden, Puncak

Sampai jam 11:30 kami main di arena hiburan ini. Kalau saja tidak ingat harus check out, pastinya anak-anak tidak mau beranjak dari situ. Puas sekali mereka di sini. Kami pun senang sih. Soalnya tidak perlu repot-repot keluar hotel untuk cari hiburan. Semua ada di sini. One Stop entertainment. One Stop Recreation.

Pemandangan dari atas di sekeliling Hotel and Resort Royal Safari Garden


Unit Tempat Menginap di Hotel and Resort Royal Safari Garden

Kolam Reptil di Hotel and Resort Royal Safari Garden

Convention Room (ruang rapat) di Hotel and Resort Royal Safari Garden

Betul sekali… jadi perkaranya itu begini….

Kalau lagi capek habis kerja keras bin pusing..enaknya itu memang istirahat, relaksasi ke suatu tempat yang menyegarkan kembali. Udara sejuk dan bermalas-malasan di hotel saja, tidak usah ke mana-mana lagi. Sebabnya di Bandung atau Puncak, kalau Sabtu dan Minggu, jalanan pada macet…
Masa niatnya mau nyantai..eh musti macet-macetan lagi? Bikin lelah badan lagi dong. Kontraproduktif dengan tujuan awal.  Maunya memulihkan tenaga, yang ada kembali cape.

Namun, anak-anak berkata lain. Mereka maunya liburan itu cuma satu kata: Main! Mana betah mereka diam di hotel seharian. Maunya itu, bermain di playground, terus berenang, terus naik kereta-keretan, terus main lari-larian, terus main loncat-loncatan…terus main lagi..terus dan terus.

Nah lho!

Antara kebutuhan dan keinginan tidak sinkron. Dua kutub saling beradu.. Ahay!

Untunglah ada Royal Safari Garden... (Terima kasih Royal Safari Garden...:)  Sebab, semua yang dimau orang tua dan anak-anak bisa didapatkan di satu tempat saja.
Cukup datang ke sini saja. One-stop-entertainment. Lengkap dah! Sesuai idaman kami sekeluarga.

Sebuah hotel yang mana kami tinggal datang ke satu tujuan saja lalu tidak perlu ke mana-mana lagi, semuanya sudah ada di situ. Tempat menginap yang nyaman, ada pertunjukan (show), permainan anak, kegiatan luar ruang (outdoor activities), bisa olahraga juga, bisa lihat-lihat pemandangan, bisa berenang dan main air, bisa makan enak, udaranya sejuk (tidak panas) bahkan dingin di kala malam, bisa bergaul dengan satwa, dan bisa menunggang hewan. Asyik kan!

Dan ini belum semua.. Masih banyak lagi lho kelebihan-kelebihan lainnya. Benar-benar super fasilitas (bahasanya sudah kaya iklan properti di TV nih…hehe).

Tadi itu buat keluarga atau pasangan,..kalau buat orang-orang bisnis bagaimana?

Nah, di hotel ini juga bisa berseminar atau ber-rapat ria dengan nyaman serta konsentrasi sebab suasananya sangat kondusif. Akibatnya, ide-ide brilian nan segar bisa keluar. Dan bukan itu saja. Bagi perusahaan yang lagi cari tempat untuk family gathering guna mengakrabkan sesama karyawan, maka di sini tentu bisa bangett!

Ayo..ayo..ayo!

Alamat Hotel Royal Safari Garden Resort & Conventions
Jalan Raya Puncak 601 Cisarua Bogor Indonesia 554455
Reservasi: +62 251 8253 000

Komentar

  1. keren.. ni blog paling bermanfaat yg pernah ane follow

    BalasHapus
  2. Trims sharingnya, minggu depan rencana mau kesana

    BalasHapus

Posting Komentar

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…

Rumah Makan Arab: Nasi Kebuli dan Sate Kambing di Condet, Jakarta Timur

Kemaren makan di restoran Jepang. Hari ini mau cobain restoran Arab. Mau masakan Arab?

Nih ada rekomendasi yang enak bin lezat bin ajibbb...Saya tahunya dari istri saya, sementara ia tahu dari temannya yang keturunan Arab yang tinggal di sekitar situ. Namanya SATE TEGAL ABU SALIM. Aha,..sang teman ini memang punya benang merah erat sekali dengan rumah makan ini. Apa pasal? Coba simak! Pertama, ia dan “Abu Salim” sama-sama keturunan Arab. Kedua, mereka sama-sama berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Dan ketiga, tinggalnya pun berdekatan: satu di Cililitan, satu lagi di Condet. Klop!

Condet, terkenal dengan salaknya. Di sini, selain ada perkampungan Betawi, juga banyak orang keturunan Arabnya juga. Makanya di sepanjang jalan sempit lebar dua mobil ini banyak bertebaran toko parfum, oleh-oleh haji, kurma, dan obat herbal Arab. Semuanya mirip-mirip. Jadi bingung mana tempat yang bagus untuk dikunjungi. Itulah untungnya kalau punya rekomendasi dari sobat. Walau di sini banyak rumah makan Arab, …

Panduan Mudik Jakarta - Palembang Jalan Darat Bawa Mobil

Mau ke Palembang nih ceritenye? Ade ape?
Oohh...lagi dinas ya? Urusan kantor?
Atau lagi kondangan, dapet undangan pernikahan saudara dekat?

Kalau kami, kebetulan baru aja silaturahmi sekaligus liburan. Yah,.. belated homecoming gitu dehh,...alias mudik telat. Udah lebaran ketiga baru deh beranjak ke kampung halaman, meluncur pakai mobil, jalan darat Jakarta – Palembang.

Jadinya sih enak juga. Jalanan kosong melompong sepanjang jalan. Belum ada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang beropearsi. Truk dan pick up pengangkut logistik juga belum pada jalan. Lengang....Alhasil, jarak 600 km ditempuh dalam waktu hanya 18 jam saja. Kami berangkat dari rumah Pondok Kelapa jam 4:00 pagi, dan tiba di Plaju, Palembang jam 22:00. Ini tergolong cepat, sebab bilamana musim mudik, perjalanan bisa sampai 24 jam bahkan 36 jam. Wuih,..lama ya?

Iya,..sebab yang bikin lama itu antri di Pelabuhan Merak waktu mau masuk kapal Ferry. Pernah tuh, dua tahun yang lalu,..kami antri sampai 6 jam di pelataran p…
Custom Search