Langsung ke konten utama

Asinan Bogor Gedung Dalam, Krosnat, Lapis Talas dan Roti Unyil

Hari Kamis kemarin kami sekeluarga liburan ke Bogor. Ya, hari Kamis..bukan weekend. Bukan pula demi menghindari wacana peraturan mobil Jakarta tidak boleh masuk Bogor di hari Sabtu/Minggu. Melainkan memang karena di hari itu rombongan TK anak saya sedang ber-study tour.

Ceritanya nih, hendak mengenalkan anak-anak dengan alam dan kegiatan pedesaan. Di sana, di Kuntum Farm Field mereka bisa bermain bersama hewan ternak, memberi makan sapi, memberi susu kepada kambing, menangkap ikan, bermain dengan kelinci, dan memberi makan ayam serta bebek. Asyik…! Menyambung tempat wisata alam pedesaan sebelumnya: TWA Pasir Mukti di Bogor, di mana waktu itu mereka bermain di sawah, menanam padi, membajak sawah dan naik kerbau.

Nah, karena lokasi Kuntum Farm Field ini di Jalan Tajur, dekat sekali dengan sentra kerajinan tas Bogor, maka selepas acara, jam 12, para guru dan mommies pun segera meluncur ke SKI Tajur, pabrik dan sentra penjualan beragam tas fashion wanita. Asyikk...tapi kami kala itu memilih untuk memisahkan diri dari rombongan dan malahan meluncur ke kota, bikin petualangan sendiri.

Enak brow kalau lagi weekdays...jalanan Kota Bogor lancar jaya. Mengintip sedikit di internet, apa kuliner yang khas Bogor. Tentu saja: Asinan. Tapi di mana dan yang mana yang paling enak?

Yang legendaris ternyata Asinan Sedap Gedung Dalam. Letaknya di Jalan Siliwangi. Dari Jalan Tajur sebetulnya tinggal lurus saja ke arah kota. Ketemu bundaran tinggal lurus masuk ke Jalan Siliwangi. Sebetulnya tinggal lurus saja lagi, tapi forboden karena ini jalan satu arah. Jadi musti muter-muter dulu. Terpaksa belok kiri, masuk jalan satu arah (Jalan Lawang Gintung) Terus saja ikuti jalannya. Kalau ada belokan, ambil belokan kanan. Masuk ke Jalan Batu Tulis. Ini jalanan melingkar. Jadi nanti ketemu lagi dengan Jalan Siliwangi. Nah, ambil lajur kiri dan buka mata. Ada bangunan ruko lama yang sudah tua dan cenderung kusam dengan kios-kios kaki lima semi permanen di depannya menutupi ruko. Maka harus buka mata, cari tulisan Asinan Sedap Gedung Dalam. Kalau sudah ketemu, masuk deh ke area ruko itu dan parkir.

Kami beli dua macam: asinan sayur dan asinan buah. Sudah dibungkus-bungkusin. Tinggal bawa pulang, karena mereka memang tidak menyediakan dine-in (makan di tempat). Semua take away. Harganya tergolong premium, yaitu Rp 20 ribu per bungkus (sebagai perbandingan, Asinan Betawi di dekat rumah kami cuma Rp 8 ribu), tapi ternyata rasanya memang enak sekali lho!

Kuahnya itu lho, pas banget asin, asam, pedas, dan manisnya. Menurut saya malah cenderung asam/manis. Cocok dengan saya yang suka asam, tapi kurang suka pedas. Jadi, kalau mau lebih pedas tinggal tambahkan sambalnya, (dibungkus terpisah).

Berbeda dengan Rujak Juhi Betawi yang pakai irisan cumi asin, sayur selada, toge, kacang dan kerupuk merah, maka Asinan Bogor cuma pakai sayur kol, tahu,kacang serta pakai irisan daun yang "aneh". Kata istri saya ini daun ketumbar. Nah, daun ini memberi aroma dan rasa yang unik. Bikin sedap, kata istri saya.

Yang bikin beda juga, adalah acar. Kalau asinan Betawi tidak pakai acar, nah..Asinan Gedung Dalam ini dilengkapi dengan Acar Ganda (bawang muda)), acar lobak, dan acar timun. Jadinya tambah mantab. Saya makan sampai ludes semua kuah-kuahnya. Sampai titik air penghabisan.

Asinan Bogor Legendaris: Asinan Sedap Gedung Dalam 


Asinan buah-nya bagaimana? Juga sama lezatnya. Buah-buahan yang digunakan benar-benar pilihan, dalam artian hanya memakai yang setengah matang. Jadi cocok sekali untuk rujak-rujakan. Kres, kres..tapi lembut juga. Pepaya, ubi, nanas, bengkoang, lobak, semua setengah matang dengan kadar kematangan yang pas sekali untuk manisan/rujak. Kuahnya? Ueeenaaakkk banget... Pantaslah harganya premium ya Sis!

Kembali ke kisah di Bogor,...selepas membeli asinan, kami meluncur ke arah pintu Tol dari Jalan Siliwangi lurus saja, ketemu bundaran belok kiri (masuk Jalan Pajajaran), mau ke Restoran Ikan dalam Bambu di Sentul City. Di tengah perjalanan ke tol, kami melihat plang nama warna ungu bertuliskan KrozNat & Friends. Apaan tuh? Penasaran. Maka kami mampir. Membeli menu andalannya, yaitu Krosnat Topping Tiramisu (Rp 12 ribu) dan Topping Red velvet.

Apa itu Krosnat?
Ini kuliner baru kreasi urang Bogor: Kroisant + Donut. Jadi, rasanya croissant, tapi diberi bolongan tengah seperti donat dan diberi topping. Nah, yang Topping Tiramisu enak banget, Bro! Kalau yang Red Velvet, enak tapi biasa aja. Juga sekalian di toko itu Kami membeli oleh-oleh khas Bogor lainnya: Lapis Talas dan Roti Unyil. Nyam..nyam...

Lanjut ke Rumah Makan Karimata - Ikan Patin Bakar dalam Bambu di Sentul City.

Lapis Kue Talas "Jumbo", Bogor dan Roti Unyil "Jumbo" Bogor

Lapis Kue Talas "Jumbo", Bogor

Alamat Asinan Sedap Gedung Dalam
Kumala Family Products
Jl. Siliwangi No 27 C, Bogor
Telpon 02518326843 , 02518313099

Alamat Cabang Asinan Sedap Gedung Dalam
Jalan Mangga Besar Raya 47 L – M, Jakarta
0216260586 , 0216594466

Alamat Kroznat And Friends
Jalan Raya Pajajaran No 78 K, Bogor, Indonesia
Telpon 02518361195
Reservasi dan Delivery Order: 02518361195

Alamat Roti Unyil dan Lapis Kue Talas “Jumbo J’s Cheese” 
Cheesecake and Bakery
Jalan Pajajaran 3 F (Seberang Mal Botani Square), Bogor 16128
Telpon 02518324838

Komentar

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Rumah Makan Arab: Nasi Kebuli dan Sate Kambing di Condet, Jakarta Timur

Kemaren makan di restoran Jepang. Hari ini mau cobain restoran Arab. Mau masakan Arab?

Nih ada rekomendasi yang enak bin lezat bin ajibbb...Saya tahunya dari istri saya, sementara ia tahu dari temannya yang keturunan Arab yang tinggal di sekitar situ. Namanya SATE TEGAL ABU SALIM. Aha,..sang teman ini memang punya benang merah erat sekali dengan rumah makan ini. Apa pasal? Coba simak! Pertama, ia dan “Abu Salim” sama-sama keturunan Arab. Kedua, mereka sama-sama berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Dan ketiga, tinggalnya pun berdekatan: satu di Cililitan, satu lagi di Condet. Klop!

Condet, terkenal dengan salaknya. Di sini, selain ada perkampungan Betawi, juga banyak orang keturunan Arabnya juga. Makanya di sepanjang jalan sempit lebar dua mobil ini banyak bertebaran toko parfum, oleh-oleh haji, kurma, dan obat herbal Arab. Semuanya mirip-mirip. Jadi bingung mana tempat yang bagus untuk dikunjungi. Itulah untungnya kalau punya rekomendasi dari sobat. Walau di sini banyak rumah makan Arab, …

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…
Custom Search