Langsung ke konten utama

Gedung Olahraga Tempat Main Basket, Voli, Capoiera dan Futsal di Jakarta Timur; Ada Sekolah Futsalnya Juga


Saya suka bola. Klub favorit saya Manchester United. Ya,..ya..ya,..saya tahu, MU memang lagi terpuruk sekarang ini. Gak papa. Hidup memang seperti roda BMW, kadang di atas, kadang di bawah. Meskipun menurut saya, ini semua salahnya David Moyes, si manajer yang tidak pandai meramu taktik dan semangat juang pemain. Namun anehnya tetap aja gak dipecat-pecat…Lho, kok jadi curcol nih? Hehehe…

Nah, selain nonton bola, saya juga suka maen bola. Dari jaman masih kicil bingit, hobinya maen bola melulu. Pas SD tiap keluar main kami selalu maen bola di halaman sekolah. Padahal maennya di atas aspal keras (bukan rumput) dan pakai bola kasti yang kecil itu. Nendangya aja susah. Lanjut pas sudah besar main di lapangan komplek rumah. Bahkan pas jaman kuliah terlalu semangat maennya, sampai-sampai pada sebuah pertandingan, saya melakukan gerakan akrobatik yang menyebabkan patah tulang selangka (fraktur clavicula) dan musti dioperasi pasang pen titanium. Saya ingat kejadiannya itu hanya selang beberapa hari dengan vokalis Dewa, Once yang juga mengalami fraktur clavicula saat maen bola di Malaysia. Yah,..memang kami berdua beda-beda tipis dalam hal kegantengan.. Prett! :P


Gedung Lapangan Futsal di Duren Sawit - area depan

Gedung Lapangan Futsal di Duren Sawit - area belakang

Sekarang, hobi main bola ini masih berlanjut. Kali ini olahraganya futsal bareng keluarga besar yg di Jakarta. Kebetulan mereka juga pada hobi bola. Jadi klop. Tiap selasa malam main di Tifosi Sport Center, Raden Inten. Padahal tidak semua tinggal di sekitar Duren Sawit situ lho. Banyak juga yang datang dari Cibubur, Slipi dan Bekasi. Dasar sudah hobi, hujan badai pun diterjang. :)

Sebetulnya di sekitar situ banyak lapangan futsal, seperti Zy Futsal, Bengkel Futsal, Gudang Futsal dan Club 9 Futsal. Tapi yang paling representatif memang TIFOSI FUTSAL ini. Jumlah lapangannya paling banyak dengan kualitas lantai, jaring dan ukuran standar internasional.

Latihan futsal di Duren Sawit, Jakarta Timur

Saya masih ingat, saat pertama kali main di sini (2008), lapangan futsal ini baru buka. Namanya dulu Futsal City, hanya terdiri dari 1 bangunan konstruksi baja isi 4 lapangan. Dulu lantainya berupa rumput sintetis. Dan seiring dengan trend futsal yang makin meluas, maka Futsal City menambah jumlah lapangan dengan mengubah lapangan tenis di area belakang menjadi bangunan kedua, isi 5 lapangan ukuran standar. Total ada 9 lapangan, salah satu arena bermain futsal yang terbesar di Jakarta bahkan di Indonesia.

Kira-kira 2 tahun yang lalu, lapangan Futsal City ini berubah nama menjadi TIFOSI SPORT CENTER. Sesuai nama baru ini, maka pemiliknya, presenter bola terkenal Tio Nugroho menjadikan tempat ini bukan hanya pusat bermain futsal tapi juga bisa dipakai untuk olahraga lain seperti Bola Basket, Bola Voli, dan latihan Capoeira – bela diri Brasil (latihan 2x seminggu). Juga dilakukan renovasi di antaranya mengganti lantai lapangan dengan vinil (semacam karet) agar sesuai dengan standar internasional FIFA. Juga, di bangunan belakang lapangannya dibikin lebih luas, yaitu mengikuti standar internasional. Dengan demikian, sekarang di sini banyak diadakan pertandingan-pertandingan resmi futsal.

Di Gedung Olahraga Tifosi Duren Sawit bisa berlatih main bola basket, bola voli, futsal, dan latihan bela diri Capoiera

Pertandingan resmi di Lapangan Futsal standar Internasional FIFA di Tifosi Sport Center, Duren Sawit, Jakarta Timur

Dan satu lagi yang ditambahkan di arena olahraga Radin Inten ini,…yaitu Sekolah Bola / Futsal. Namanya Tifosi Futsal Academy. Anak saya ikut di sini. Beberapa hari lalu ia saya daftarkan. Umurnya baru 5 tahun, sebetulnya masih di bawah umur minimal (6 tahun) untuk jadi murid. Tapi, setelah melalui try out oleh pelatih, anak saya dinyatakan lulus dan boleh ikut main dan berlatih. Wuihh,..ia senang sekali. Lari sana…lari sini dengan muka sumringah… Tiap hari di rumah, ia nanya terus “When we play footballl again, Papap?..Where is my uniform? It’s so cool…I want to wear it”.  :D

Latihannya tiap Minggu jam 8 sampai jam 10 pagi. Pendaftaran pertama bayar Rp 300 ribu, sudah termasuk uang iuran bulan pertama dan mendapat seragam (kaos dan celana). Bulan selanjutnya, bayarannya itu Rp 150 ribu kalau latihannya cuma 1x per minggu atau Rp 200 ribu kalau mau latihan 2x seminggu (Minggu 08:00 dan Rabu 15:00). Tinggal pilih. Kalau anak saya, yang sekali seminggu saja deh…Masih kecil dia… :)



Sekolah bola Tifosi Futsal Academy lagi latihan di Tifosi Sport Center tiap hari Minggu pagi

Katanya, kurikulum di TIFOSI FUTSAL ACADEMY ini disusun oleh Coach Andi Irawan, pelatih Timnas Futsal Indonesia. Pelatihnya juga level pro bahkan timnas, seperti Denny Handoyo, Meigi Trisan, Mirza Siregar, Ade Tasyan Reza, dan Dedi Ahadiat Putra. Dan mereka ini dipantau oleh mantan pelatih timnas futsal Indonesia, Coach Justinus Lhaksana dan sang pemilik Tio Nugroho yang kebetulan juga anggota Badan Futsal Nasional. Keren ya? Tapi serius amat yakk? Anak saya sih mau having fun saja, Pak… Nyantai bro…Tapi buat yang mau serius di futsal dan lagi cari sekolah bola futsal yang bagus,..boleh dikontak deh ke sana. Sebab di sini juga kerjasama dengan Adjie Massaid Futsal Clinic (AMFC). Siapa tahu nanti kamu kamu bisa kaya Ronaldinho…Tahu Ronaldinho Gaúcho pahlawan Brazil di Piala Dunia 2002? Dia kan dulunya pemain futsal lho…

Bagaimana caranya ke Arena Lapangan Olahraga Tifosi Sport Center?

Letaknya di Jalan Radin Inten II, Duren Sawit. Ini adalah jalan yang menghubungkan Jalan Kalimalang dengan Jalan I Gusti Ngurah Rai, Buaran, Klender. Jadi Anda bisa datang dari Kalimalang atau dari Klender.

Kalau datang dari Jalan Kalimalang, Bekasi, maka melewati lampu merah Lampiri / Jalan Pondok Kelapa Raya. Lurus terus melewati RM Pagi Sore, Giant, dan Kompleks Billy Moon. Nanti ketemu pertigaan lampu merah di depannya Depo Bangunan. Belok kanan. Itulah dia Jalan Radin Inten II.

Kalau datang dari Jalan Kalimalang dari arah Cawang, maka akan melwati Universitas Borobudur. Lurus terus melewati Pangkalan Jati, Jatiwaringin. Melewati McDonalds dan KFC. Lurus lagi melewati Bakmi Golek dan Ketan Susu Mbok Ne an-cuk. Pelan-pelan, nanti ketemu Polsek Duren Sawit. Nah, di depan ada pertigaan lampu merah. Belok kiri. Itulah dia Jalan Raden Inten.

Setelah masuk Jalan Raden Inten, lurus saja nanti melewati pom bensin (SPBU). Sekarang perlahan dan tengok kiri. Nah, itulah dia Tifosi Sport Center. Jangan sampai kelewatan ya, ada jalan masuknya yang menanjak seperti terlihat di foto.


Sekarang kalau datangnya dari Jalan I Gusti Ngurah Rai (rel kereta api). Anda tahu pertigaan jalan yang ada Bioskop Buaran dan Carrefour Buaran Mall? Nah, masuk ke jalan itu. Itu adalah Jalan Radin Inten II,..tapi anda masih harus lurus lagi terus sampai mentok ke Kalimalang. Ya,…karena untuk menuju arena olahraga Tifosi Sport Center, Anda musti putar balik (letaknya di sebelah kanan, persis di seberangnya Gedung Wanita BKOW), dan memutar baliknya itu hanya bisa di ujung jalan, yaitu di Jalan Kalimalangnya.

Jadi, kali dari Buaran Mall itu lurus saja terus melewati lampu merah. Melewati Bebek Kaleyo, KFC dan ketemu lampu merah lagi, lurus saja menyeberangi BKT (Banjir Kanal Timur) melewati McDonalds. Ketemu lampu merah lagi, masih lurus. Melewati Bakso Rusuk Solo (sebelah kanan). Lurus terus sampai mentok melewati PLN dan Gedung BKOW. Nah, sudah mentok (ketemu Jalan Kalimalang), berusahalah untuk putar balik lagi. Kembali masuk ke Jalan Radin Inten. Selanjutnya, di Jalan Radin Inten itu tengok kiri setelah pom bensin. Ketemu deh dengan Lapangan Futsal Tifosi.

Alamat Lapangan Olahraga Futsal, Bakset, Volley, Capoiera - Tifosi Sport Center 
Jalan Raden Inten II Perum Pemda DKI Blok A No. 31 - 31, Rawa Domba, Duren Sawit, Jakarta Timur 13440
Telpon 0218626087 untuk info atau booking lapangan.
Telpon HP: 081370000108 untuk info umum
Whatsapp: 082130000108
Jam Operasional / Buka: 09:00 – 23:00
Harga Sewa: Rp 200.000 per jam.

Alamat  Zy Futsal
Jalan Raden Inten II No 79, Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta
Telpon : 02186606009

Alamat Club9 Futsal Kalimalang
Jalan Kalimalang Raya Blok N no 12 G, Kalimalang, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13440
Telpon: 02186610554
Di samping Tory Café, Kalimalang, bersebelahan dengan Bakmi Golek dan Warung Kaki Lima Sea Food 68

Alamat Bengkel Futsal
Jalan Jatiwaringin no.4 (Jatiwaringin), Jakarta, DKI Jakarta
(Komplek SPBU Jatiwaringin Pangkalan Jati Jakarta Timur, di sebelah pom bensin / SPBU )
Jam buka: 08.00 - selesai

Alamat Gudang Futsal
Jalan Inspeksi Saluran No. 3A (Jalan Kalimalang) - Gudang Seng, Kalimalang, Jakarta Timur
Telpon : 0218509394

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…

Rumah Makan Arab: Nasi Kebuli dan Sate Kambing di Condet, Jakarta Timur

Kemaren makan di restoran Jepang. Hari ini mau cobain restoran Arab. Mau masakan Arab?

Nih ada rekomendasi yang enak bin lezat bin ajibbb...Saya tahunya dari istri saya, sementara ia tahu dari temannya yang keturunan Arab yang tinggal di sekitar situ. Namanya SATE TEGAL ABU SALIM. Aha,..sang teman ini memang punya benang merah erat sekali dengan rumah makan ini. Apa pasal? Coba simak! Pertama, ia dan “Abu Salim” sama-sama keturunan Arab. Kedua, mereka sama-sama berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Dan ketiga, tinggalnya pun berdekatan: satu di Cililitan, satu lagi di Condet. Klop!

Condet, terkenal dengan salaknya. Di sini, selain ada perkampungan Betawi, juga banyak orang keturunan Arabnya juga. Makanya di sepanjang jalan sempit lebar dua mobil ini banyak bertebaran toko parfum, oleh-oleh haji, kurma, dan obat herbal Arab. Semuanya mirip-mirip. Jadi bingung mana tempat yang bagus untuk dikunjungi. Itulah untungnya kalau punya rekomendasi dari sobat. Walau di sini banyak rumah makan Arab, …
Custom Search