Langsung ke konten utama

Makan Bakso Apa di Duren Sawit?


Anda lagi di kitaran Duren Sawit dan pengen makan siang atau makan malam? Atau mungkin ingin makan ringan sore-sore. Ini dia Warung Bakso favorit kami di Jalan Radin Inten,di dekat Kompleks IKIP dan Kompleks Kimia Farma. Namanya BAKSO RUSUK.

Ya, ini baksonya cukup unik. Beda dari yang lain.  Tapi beda bukan sekedar beda. Sebab banyak juga bakso yang dibikin "aneh-aneh" tapi malah rasanya jadi aneh juga. Misalnya ada bakso coklat, bakso isi sosis, bakso isi otak sapi, dll. Maksudnya sih diferensiasi tapi rupanya gagal. Nah, tidak begiu untuk yang satu ini.

Bakso Rusuk ini rasanya enak sekali. Satu porsinya itu terdiri dari bakso daging dan bakso urat plus 2 – 3 potong daging tulang iga sapi. Jadinya kuahnya itu makin lezat. Kebetulan saya memang penggemar daging iga. Kalau makan steik Holy Cow saya sukanya rib eye. Kalau Sate Afrika saya pesannya iga afrika. Kalau di resto makassar, pilihnya konro (iga) bakar. Makanya, saya cocok sekali dengan bakso rusuk ini.

Dan ternyata bukan cuma kami sekeluarga lho yang doyan bakso rusuk Solo ini. Host-nya Hitam Putih sekaligus penggagas diet OCD, Deddy Corbuzier ternyata pernah mencicipi bakso lezat ini. Tuh ada foto dan tanda tangannya dibingkai dan digantung di dinding warung. Ada pula selebritis lain seperti Revalina S. Temat, dan teman-temannya.

Satu porsi Bakso Rusuk harganya Rp 18.500, bisa pakai mie atau tanpa mie. Kalau mau
makan rusuknya doang juga bisa (Rp 10.000), atau mau baksonya saja (Rp 11.500). Yah, terkadang kalau kesorean rusuknya sudah keburu habis alias gak kebagian.  Laris manis. Jadi terpaksalah pesan baksonya doang tanpa iga sapii Tapi tak mengapa, sebab rasanya juga enak kok. Micin (vetsin MSG) nya tidak banyak-banyak namun rasanya tetap gurih nikmat asinnya pas. Anak-anak kami juga suka. Aman untuk mereka. Mereka lahap makan nasi lauk bakso. Lidah juga tidak gatal, sebab saya cukup sensitif dengan 2 macam bumbu : MSG dan merica. Kebanyakan lada bikin keringat saya mengucur deras, sementara kebanyakan micin bikin lidah saya gatal.

Bakso Rusuk Solo di Jalan Radin Inten Duren Sawit, Jakarta

Sudah makin laper ya?
Oke..oke.. Begini caranya menuju ke Warung Bakso Rusuk Duren Sawit. Letaknya di Jalan Radin Inten, Duren Sawit. Itu lho, Jalan yang menghubungkan Kali Malang dengan Jl. I Gusti Ngurah Rai, Buaran Klender. Jadi bisa datang dari Kalimalang atau dari Klender.

Kalau anda di Jalan Kalimalang dari Bekasi, maka akan melewati lampu merah Lampiri Jalan Pondok Kelapa Raya. Lurus melewati Giant dan RM. Pagi Sore. Setelah lewat Kompleks Billy Moon / Pondok Kelapa Indah, perlahan saja. Persis setelah Depo Bangunan ketemu lampu merah, langsung belok kanan. Nah, itulah dia Jalan Radin Inten.

Kalau anda di Jalan Kalimalang dari Cawang, maka akan melewati Universitas Borobudur, lurus terus melewati lampu merah Pangkalan Jati, Jatiwaringin. Masih terus lagi, melewati Bakmi Golek dan Ketan Susu Mbok Ne an-cuk. Perlahan-lahan ya..nanti sebelah kiri ada Polsek Duren Sawit. Nah di depannya ada lampu merah pertigaan. Belok kiri, inilah dia Jalan Raden Inten.

Kalau sudah masuk Radin Inten ini, maka lurus saja terus, melewati Pom Bensin, Gedung olahraga futsal Tifosi Sport CenterGraha Gearindo, dan Indomaret. Warung Bakso Rusuk Solo itu letaknya sebelah kiri jalan. Jangan sampai kelewatan ya…Kalau Anda sampai ke lampu merah…berarti kelewatan. Segeralah putar balik.

Sekarang kalau anda dari arah Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender (jalanan di samping rel kereta api). Anda tahu Bisokop Buaran dan Carrefour Buaran Mall? Nah, masuk jalan itu…itu sudah jalan Radin Inten…tinggal lurus saja terus menuju Kali Malang. Nanti ketemu lampu merah, lurus saja melewati Bebek Kaleyo (ada di sebelah kiri jalan). Ketemu lampu merah lagi, di depan Mc Donalds. Lurus saja menyeberangi BKT (Banjir Kanal Timur), ketemu lampu merah lagi. Sudah dekat nih. Ini perempatan Jalan Radin Inten dengan Jalan Pendidikan dan Jalan Taman Malaka Selatan (Unsada / Universitas Darma Persada). Lewat lampu merah ini dan kira-kira 100 meter di depan ada putaran balik. Putar balik di situ dan jalan perlahan. Tengok kiri. Itulah dia Warung Bakso Rusuk Solo.



Bangunan warung bakso ini sederhana. Semi permanen,  dengan dinding kayu. Kursi dan mejanya juga sederhana. Tanpa AC hanya ceiling fan. Tapi tidak perlu kuatir kepanasan, sebab dinding kayunya hanya separuh, hanya setinggi dada orang dewasa. Selebihnya bukaan (ventilasi) berteralis besi. Jadi udara bebas mengalir lancar. Ditambah lagi, rindangnya pepohonan seri / carsen di area parkir menambah sejuknya suasana. Kami kalau ke sini suka memetik buah seri yang merah-merah…Asyik sekali,..jadi teringat masa kecil di kampung halaman.

Parkirnya cukup luas. Bisa untuk sekitar 5  mobil dan puluhan sepeda motor.


Alamat "Bakso Rusuk Solo", Jakarta
Oulet Pusat: Jalan Raden Inten II No 9, Duren Sawit, Jakarta Timur 13440
Telpon 021 86901858
Fax: 021 8656202
HP: 081310639932
Jam Buka: 10:00 – 21:00

Outlet Cabang:
1. Jalan Terusan I Gusti Ngurah Rai, Bintara V
2. Jalan Bekasi Raya 24,5 No 15, Gempol – Cakung
3. Jalan Raya Bogor KM 25 No 34 E, Ciracas
4. Jalan Raya Kalimalang No 18, Tambun
5. Jalan Raya Bekasi Timur KM 17, Klender.

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Rumah Makan Arab: Nasi Kebuli dan Sate Kambing di Condet, Jakarta Timur

Kemaren makan di restoran Jepang. Hari ini mau cobain restoran Arab. Mau masakan Arab?

Nih ada rekomendasi yang enak bin lezat bin ajibbb...Saya tahunya dari istri saya, sementara ia tahu dari temannya yang keturunan Arab yang tinggal di sekitar situ. Namanya SATE TEGAL ABU SALIM. Aha,..sang teman ini memang punya benang merah erat sekali dengan rumah makan ini. Apa pasal? Coba simak! Pertama, ia dan “Abu Salim” sama-sama keturunan Arab. Kedua, mereka sama-sama berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Dan ketiga, tinggalnya pun berdekatan: satu di Cililitan, satu lagi di Condet. Klop!

Condet, terkenal dengan salaknya. Di sini, selain ada perkampungan Betawi, juga banyak orang keturunan Arabnya juga. Makanya di sepanjang jalan sempit lebar dua mobil ini banyak bertebaran toko parfum, oleh-oleh haji, kurma, dan obat herbal Arab. Semuanya mirip-mirip. Jadi bingung mana tempat yang bagus untuk dikunjungi. Itulah untungnya kalau punya rekomendasi dari sobat. Walau di sini banyak rumah makan Arab, …

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…
Custom Search