Langsung ke konten utama

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi


Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagi restoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 

Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipinang. Dan bukan cuma itu. Berbeda dengan dua lainnya itu, Sedap Wangi juga punya mini resto yang menyajikan berbagai menu masakan. 

Nah di sore itu, sambil memesan kue ulang tahun, kami sekalian makan sore dan memesan menu andalan sekaligus favorit pengunjung: Soto Mie khas Bogor. Harganya Rp 18.500 per porsi, tapi karena berdua jadi bisa pesan yang Paket sehingga lebih hemat. Hanya Rp 48.000 untuk 2 porsi Soto Mie plus extra 2 risoles dan 2 teh botol. Karena lagi mengurangi manis, tehnya kami ganti aqua saja.

Soto Mie di Mini Resto Sedap Wangi, Cipinang

Rasanya bagaimana? Enak! Kuahnya kental menandakan banyak bumbu dan kaldu. Yang membedakan dengan yang lain, tentu risolesnya. Yang ini lebih lezat dari yang biasa-biasa. Ini memang toko roti yang pandai juga bikin kue tradisional. Lalu roti dan kue nya sendiri bagaimana?

Masing-masing toko kue “andalan” kami memiliki ke-khas-an. Kalau cari kue lapis surabaya yang enak, langsung saja meluncur ke pinggirnya BKT (Banjir Kanal Timur), jalanan kecil / gang persis di samping Giant Pondok Kopi. Di situ ada rumah yang disulap menjadi TOKO KUE MAHARANI. Kue lapisnya sedap dan terkenal seantero Jabotabek. Tidak buka cabang. Hanya ada di Jakarta Timur sini. Dan hebatnya, Toko Kue dan Roti Maharani buka 24 Jam! Jadi kalau teman-teman jam dua pagi tiba-tiba ada acara penting, bisa beli di sini. Atau mungkin persiapan untuk subuh mau beli roti, bolu dan kue-kue, langsung aja ke sini. Tinggal pilih mau bolu lapis, sarang semut, lemper, nagasari, dan tahu isi juga ada. Bukan cuma McDonalds dan Apotik yang buka non-stop. Toko roti juga ada, Sis!

Alamat Toko Kue "Maharani Cake"
Jl. Robusta Raya No. 146 Pondok Kopi, Jakarta-Timur 13460.
Telpon 021-86601874, 021-86601861, Fax. 8600051

Kalau Mayestik, yang tak diragukan lagi Bolu Gulung Meses Cokelat-nya. Andalan banget tuh. Ada yang rasa pandan atau moca. Sama-sama enak. Harganya juga sangat bersahabat (Rp 20-ribuan per gulung). Dengan rasa yang sama, Mayestik lebih murah. Dengan harga yang sama, Mayestik lebih enak. Beneran deh. Di mana lagi coba dapet kue 20 ribuan tapi enak begini. Ini kata istri saya...dan percaya saja deh sama dia, soalnya ia ahlinya. Porsinya juga pas. Jadi bisa juga dijadikan penganan untuk oleh-oleh atau hantaran kala bertamu. Dan bukan cuma itu. Kata istri saya, semua kue di Majestik enak-enak. Kue Sifon Pandannya enak. Bolu Sukade-nya enak. Lapis legitnya enak. Tahu isinya juga enak. Memang pemiliknya, Bpk Anderson Njam mengatakan bahwa mereka selalu berusaha menjaga mutu dan harga yang bersahabat. 

Kontras dengan Maharani, Bakery & Cake Shop “Majestyk” banyak sekali cabangnya. Ada sekitar 41 outlet yang tersebar di Jawa dan Sumatera. Cabang yg tersebar di Jawa dan Sumatera. Utamanya memang di daerah asalnya, Medan, Sumatera Utara. Di sana toko mayestik sudah “megang” banget, dan berdiri sejak 1976 di Jalan Gatot Subroto, lebih dari 35 tahun yang lalu. Adapun outlet yang terdekat dari rumah kami adanya di Pondok Bambu, Jakarta. Tepatnya di Jalan Pahlawan Revolusi, dekat lampu merah di antara Rumah Sakit Yadika dengan Supermarket Tip Top. Mampir deh ke situ. Bukanya dari jam 8 pagi sampai 9 malam.

Alamat dan no telpon Majestyk Bakery & Cake Shop
Outlet Pondok Bambu: Jl. Pahlawan Revolusi No. 3, Pondok Bambu, Jakarta Timur
Phone: 021-86610221, 85610222
Oulet Cipinang: Jl. Raya Cipinang Jaya No. 8, Jakarta Timur
Phone: 021-8193217
Outlet Pondok Gede: Jl. Jatiwaringin Raya No. 194, Jatiwaringin - Pondok Gede, Jakarta
Telepon: 021-8461981
Outlet Tebet: Jl. Dr. Saharjo No. 105 A-B Tebet, Jakarta Selatan
Telepon: 021-8296268
Oulet Mampang: Jl. Mampang Prapatan Raya No. 73 CDE , Mampang, 12760
Telpon: 021-7971572, 7947421
Outlet Kalimalang: Jl. KH. Noer Ali No. 8 - 9, Kayu Ringin Jaya, Bekasi
Telpon: 021 - 88860583

Mini Resto "Sedap Wangi" Cipinang, Jakarta Timur

Toko kue enak di Cipinang, Jakarta Timur

Nah, kalau SEDAP WANGI, menurut istri saya yang enak itu macam-macam juga. Di antaranya Rainbow Cake. Rp 225 ribu, ukuran sedang. Kami pesan itu untuk dimodifikasi jadi kue ulang tahun, diberi tulisan “Happy Birthday”. Lalu di toko boneka kami beli boneka plastik karakter Hello Kitty dan ditaruh di atas kuenya. Diberi lilin, jadilah kue ulang tahun yang cantik nan sedap rasanya. 

Kue ulang tahun Mei Mei: Rainbow cake beli di Sedap Wangi Bakery


Sebetulnya Sedap Wangi menyediakan kue tart ulang tahun lengkap dengan hiasan sesuai tema karakter yang diinginkan anak-anak. Bisa Angry Bird, Hello Kitty, Barbie, Ben 10, Princess Snow White, dan lain-lain. Dibandingkan Maharani dan Mayestik, di sini bentuk kuenya terlihat lebih rapi dan up-to-date. Di kedua toko tadi itu, tema dan karakternya jadul-jadul. Cuma ada Mickey Mouse dan hiasan bunga. Itupun hanya 2-dimensi (flat), bukan 3-dimensi seperti di Sedap Wangi. Kalau di sini, kue ulang tahunnya mirip dengan Pelangi Cake yang ada di Kelapa Gading,…dengan harga lebih murah. Memang, kekurangannya, mereka tidak bisa bikin kue pakai bahan fondant. Entah kenapa. Namun demikian kata karyawannya kemarin.

Menu baru di Sedap Wangi: Soto Mie dan Ayam Kalasan

Sedap Wangi Bakery bukanya cuma sampai jam 19:00 dari jam 8 pagi. Cuma ada 3 outlet yaitu pusatnya di Cipinang, dan cabangnya di Tebet dan Gunung Putri. Selain kue, roti dan bakmi, yang unik di toko kue dan roti ini salah satunya Martabak Tipis semacam Crepes. Sudah dikemas, tinggal dibawa ke rumah untuk disantap dan bisa tahan untuk sekitar beberapa hari. 

Toko Roti Sedap Wangi ada di sudut jalan

Tampak depan Sedap Wangi Bakery

Bagaimana caranya ke Toko Roti Sedap Wangi, Cipinang ?

Ada dua cara. Yang pertama dari Jalan Basuki Rahmat, jalan raya di pinggir BKT (Banjir Kanal Timur). Kalau dari arah Cawang menuju Pondok Kopi / Bekasi, melewati Pasar Gembrong, pasar mainan anak-anak. Perlahan saja, melewati Giant Supermarket dan perhatikan kiri, cari Pom Bensin. Nah, ketemu pom bensin masuk ke situ. Itu pom bensinnya bisa tembus ke jalan di belakangnya. Belok kanan masuk ke jalan itu, Jalan Cipinang Muara 1. Jalannya kecil, cuma muat 2 mobil berlintasan. Perlahan saja. Lurus kira-kira 100 meter ketemu persimpangan. Nah, Sedap Wangi persis di pojok prapatan itu. Tengok kiri. Plang nya memang agak kecil. Jangan sampai kelewatan ya. :) 

Cara kedua, kalau dari teman-teman datangnya dari Klender atau Jatinegara. Dari Jalan I Gusti Ngurah Rai (jalan raya di samping rel kereta), belok ke Jalan Cipinang Jaya (jalan di samping Penjara LP Cipinang). Lurus terus melewati Restoran Sari Idaman, RM Mbok Berek, Toko Roti Mayestik, Seven Eleven dan Sate Cilampeni. Sampai mentok jalan, belok kiri. Ikuti jalan itu, Jalan Cipinang Muara 1. Lurus terus melewati tukang jahit dan pom bensin di sebelah kanan. Nah, setelah pom bensin itu perlahan saja. Lurus kira-kira 100 meter ada perapatan. Dan Sedap Wangi persis di pojok persimpangan itu. Tengok kiri. Plang nya memang agak kecil. Jangan sampai kelewatan ya.

Selamat menikmati!

Alamat dan No Telpon "Sedap Wangi Bakery" 
Pusat dan Pabrik: Jalan Cipinang Muara 1 No 20 Jakarta Timur 021-8616311
Cabang: Jalan K.H. Abdullah Syafe’i No 10, Jakarta Selatan 021-8312214
Cabang: Griya Bukit Jaya Blok A 10 No 1 – 2, Gunung Putri 021-86860990

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…

Panduan Mudik Jakarta - Palembang Jalan Darat Bawa Mobil

Mau ke Palembang nih ceritenye? Ade ape?
Oohh...lagi dinas ya? Urusan kantor?
Atau lagi kondangan, dapet undangan pernikahan saudara dekat?

Kalau kami, kebetulan baru aja silaturahmi sekaligus liburan. Yah,.. belated homecoming gitu dehh,...alias mudik telat. Udah lebaran ketiga baru deh beranjak ke kampung halaman, meluncur pakai mobil, jalan darat Jakarta – Palembang.

Jadinya sih enak juga. Jalanan kosong melompong sepanjang jalan. Belum ada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang beropearsi. Truk dan pick up pengangkut logistik juga belum pada jalan. Lengang....Alhasil, jarak 600 km ditempuh dalam waktu hanya 18 jam saja. Kami berangkat dari rumah Pondok Kelapa jam 4:00 pagi, dan tiba di Plaju, Palembang jam 22:00. Ini tergolong cepat, sebab bilamana musim mudik, perjalanan bisa sampai 24 jam bahkan 36 jam. Wuih,..lama ya?

Iya,..sebab yang bikin lama itu antri di Pelabuhan Merak waktu mau masuk kapal Ferry. Pernah tuh, dua tahun yang lalu,..kami antri sampai 6 jam di pelataran p…
Custom Search