Langsung ke konten utama

Di Mana Sate Kambing Paling Enak di Jakarta?


Berbahagialah kalian yg tinggal di Cempaka Putih. Kenapa?
Karena kalian berada dekat dengan sate kambing terenak di Jakarta. Sementara kami harus menempuh puluhan kilometer, berjuang menembus kemacetan untuk dapat merasakan lezat dan lembutnya daging kambing Sate Pak Ali.

Ya,..sate kambing paling enak versi istri saya bukan Sate Pejompongan, bukan pula Sate Sabang. Tapi yang satu ini: sate warung tenda kaki lima di sebelahnya APOTIK KINASIH di Jalan Cempaka Putih Tengah 17. Demikian menurut beliau yang seorang picky-eater – sehingga tidak gampang untuk suka suatu makanan atau masakan. Yang di Cempaka Putih ini dagingnya lebih lembut dibandingkan Sate Pejompongan. Dan dalam tiap tusuk satenya, semua berupa daging kambing, tidak dicampur hati sebagaimana di Sate Sabang.

Lagipula dari segi harga, Sate Cempaka Putih jauh lebih murah. Per tusuk hanya rp 2.000. Beli 10 tusuk Cuma Rp 20 ribu. Bandingkan dengan di Pejompongan atau Sabang yang mana kita musti merogoh kocek sekitar 30 - 40 ribuan.


Bila lagi makan di Sate Pak Ali bisa numpang ke toilet di Apotik Kinasih ini

 Ingat alamatnya ya kalau lagi mencari lokasi Sate kambing ini di GPS. 

Dafta harga di Sate Pak Ali, Cempaka Putih
- Sate Kambing 10 tusuk: Rp 20.000
- Sop kambing: Rp 20.000
- Nasi putih: Rp 4.000
- Lontong: Rp 4.000
- Aqua botol kecil: Rp 3.000
- Kerupuk Udang: Rp 2.000

Sate terenak di Jakarta

Dan satu lagi yang enak dari warung kaki lima ini,…Sop Kambing!
Kuahnya minimalis – tidak menggunakan berbagai bumbu seperti pada kari kambing – namun tetap bisa menghadirkan cita rasa lezat maksimal. Kalau di kaki lima lainnya, sering kali sop kambing hanya sebagai pelengkap menu yang isinya cuma gajih dan ‘tetelan’ saja. Tapi tidak di sini. Sop kambing di Warung Pak Ali banyak daging lembutnya. Ada gajih dan tetelan juga, tapi daging tulang iganya ada juga. Jadinya berpadu lezat. Sebab, mana enak sop kambing kalau isinya daging semua (tanpa tetelan dan gajih).

Kalau takut kolesterol, pesan satenya jangan 10 tusuk, tapi cukup 7 saja plus sop kambing ini. Seperti yang sering kami lakukan. Pesan 15 tusuk berdua plus sop kambing satu satu. Kalau di Sabang beda lagi. Pesan 15 tusuk sate kambing plus Soto Madura satu satu. (Soto Madura di Jalan Sabang memang lezat bin juara bin mak nyuss bangett…. Nyam, nyam…)

Nah, sekarang bagaimana caranya ke Sate Pak Ali Cempaka Putih?

Ada 2 cara nih. Mau lewat Jalan Cempaka Putih Raya atau lewat Jalan Suprapto (Rumah Sakit Islam Jakarta / Universitas YARSI).

Cara menuju Sate Pak Ali dari Jalan Cempaka Putih Raya

Menurut saya yang paling gampang ya yang pertama. Dari By Pass (Jl. Jendral Ahmad Yani) masuk ke Jalan Cempaka Putih Raya (di sebelah Plaza Dwima). Lurus melewati Bebek Kaleyo, KFC dan jembatan/kali. Lalu, belok kanan pas di persimpangan Seven Eleven. Ini Jalan Cempaka Putih 27. Lurus saja sekitar 300 meter, nanti ketemu Apotik Kinasih di persimpangan Jalan Cempaka Putih 17. Belok kiri persis di sudut itu ada gardu ronda. Nah, parkir saja di situ. Lihatlah,..ada tenda dan gerobak Sate Pak Ali, kan? Ya, mereka mulai buka jam 5 sore. Jadi kalau siang-siang ya tidak bakalan nemu tenda di situ… 

Oya, kalau pas lurus tadi kalian ketemu Akademi Perawat RSI Jakarta atau Universitas Muhammadiyah, berarti kelewatan. Mundur lagi. Apotik Kinasih itu pas sebelum kampus itu.

Nah, kalau dari Jalan Suprapto bagaimana?

Cara menuju Sate Pak Ali dari Jalan Suprapto (RS Islam Jakarta / YARSI)

Buat yang belum tahu, Jalan Suprapto itu jalan raya yang menghubungkan daerah Senen dengan By Pass. Jadi seumpama Anda dari arah Senen lewat Suprapto, maka tengok ke kanan ada gedung tinggi Universitas Yarsi dan RS Islam Jakarta. Cari putaran balik (u-turn) pas setelah lewat Gedung YARSI itu. Putar di situ dan langsung masuk jalur lambat, lalu langsung belok kiri, masuk ke Jalan Cempak Putih Tengah 30. Lurus melewati Rumah Sakit Islam Jakarta. Ketemu simpangan pertama langsung belok kanan (Jalan Cempaka Putih 27). Nah, tinggal lurus saja perlahan dan tengok ke kanan. Simpangan kedua belok kanan. Persis di pojoknya ada Apotik Kinasih dan Sate Kambing Pak Ali.

Selamat makan!

Warung Kaki Lima "Sate Pak Ali"
Alamat: Jalan Cempaka Putih Tengah 17 (di Sebelah Apotik Kinasih), Cempaka Putih, Jakarta Pusat
menyediakan: Sate Kambing, Sate Ayam, Sop Kambing, Lontong dan Nasi.

Komentar

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…

Panduan Mudik Jakarta - Palembang Jalan Darat Bawa Mobil

Mau ke Palembang nih ceritenye? Ade ape?
Oohh...lagi dinas ya? Urusan kantor?
Atau lagi kondangan, dapet undangan pernikahan saudara dekat?

Kalau kami, kebetulan baru aja silaturahmi sekaligus liburan. Yah,.. belated homecoming gitu dehh,...alias mudik telat. Udah lebaran ketiga baru deh beranjak ke kampung halaman, meluncur pakai mobil, jalan darat Jakarta – Palembang.

Jadinya sih enak juga. Jalanan kosong melompong sepanjang jalan. Belum ada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang beropearsi. Truk dan pick up pengangkut logistik juga belum pada jalan. Lengang....Alhasil, jarak 600 km ditempuh dalam waktu hanya 18 jam saja. Kami berangkat dari rumah Pondok Kelapa jam 4:00 pagi, dan tiba di Plaju, Palembang jam 22:00. Ini tergolong cepat, sebab bilamana musim mudik, perjalanan bisa sampai 24 jam bahkan 36 jam. Wuih,..lama ya?

Iya,..sebab yang bikin lama itu antri di Pelabuhan Merak waktu mau masuk kapal Ferry. Pernah tuh, dua tahun yang lalu,..kami antri sampai 6 jam di pelataran p…
Custom Search