Langsung ke konten utama

Tempat Wisata Gratis di Jakarta: Taman Jogging Kelapa Gading

Kalau Taman Menteng terkenal dengan rumah kaca dan air mancur "Dancing Fountain"-nya, maka Taman Kota di Kelapa Gading terkenal dengan jogging tracknya yang asyik sekali dipakai olahraga. Sesuai namanya Taman Jogging. Kami kemarin sekeluarga baru saja main ke sana. Letaknya persis di depan bundaran La Piazza Mall Kelapa Gading (MKG). Berseberangan dengan kantor BCA "Menara Satu". Tempat ini dulunya Kebun Pembibitan milik Dinas Pertamanan DKI Jakarta yang kemudian diubah – kerjasama dengan Summarecon – menjadi area hijau berupa taman modern. Tahun 2008 Taman Jogging Kelapa Gading diresmikan oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo.


Main ke sini asyik sekali. Ada parkirannya. Luas dan cukup untuk menampung ratusan kendaraan, mobil dan motor. Jogging tracknya melingkar dan meliuk-liuk dari ujung ke ujung area taman. Banyak warga sekitar, bahkan dari jauh juga, yang rajin memanfaatkan lintasan sepanjang 497 meter itu untuk berolahraga. Dan buat kalian nih, cowo-cowo,.. Sttt... Banyak cewe-cewe yang lari sore, Brayyy... :)

Parkir mobil muat banyak

Parkir motor juga muat banyak

Buat lansia, rada berumur ataupun yang suka pijat refleksi...di sini juga ada lintasan batu kerikil. Silakan diinjak tanpa alas kaki, maka efeknya seperti dipijat refleksi, Bro... Katanya banyak syaraf di telapak kaki kita yang mana bila ditotok berpengaruh ke organ dalam tubuh, seperti lambung, hati, ginjal, pankreas, dan lain-lain. Nah...cocok kan? Olahraga lari untuk cardio (jantung) plus refleksi untuk organ lainnya.


Lintasan lari di Taman Jogging Sumarecon, Kelapa Gading Jakarta

Lintasan kerikil untuk pijat refleksi kaki

Fasilitas lainnya yang disediakan Pemda Gratiss di tempat ini...sekali lagi, GRATIS sodara-sodara...adalah alat atau wahana olahraga yang mirip seperti di fitness center. Fungsinya sama seperti di fitness hanya saja bentuk alatnya yang agak berbeda tampilan. Misalnya, ada bench press untuk otot dada dan bahu. Ada alat putar-putar untuk mengencangkan pinggul. Ada juga alat berpedal yang dikayuh, mirip sepeda statis. Dan lain-lainnya, yang semuanya bisa dimainkan pengunjung taman dewasa maupun anak-anak.

Anak-anak senang sekali main di sini, melatih motorik mereka


Alat ini salah satu favorit pengunjung taman yang mau berolahraga

Alat ini bagus untuk latihan cardio

Anak kami senang sekali mencoba semua alat itu. Baru sampai, langsung semua dimainkan satu per satu. Belum pulang kalau belum semua dicoba. Setelah itu, barulah mereka menuju ke play ground yang ada di sisi sebelahnya. Di situ mereka main ayunan, panjat-panjatan dan perosotan (slide). Asyik sekali...

Play ground / Taman Bermain di Taman Kelapa Gading

Main dan olahraga bikin haus? Kalau di Taman Menteng dan Taman Surapati banyak Mamang \ Mas bersepeda menjajakan minuman, maka di Taman Jogging Kelapa Gading tidak ada. Tapi tidak perlu risau, karena di parkiran ada Mobil Teh Poci dan Mobil Juice yang siap melayani Anda. Mau minum apa? Teh poci dalam teko tanah liat di sore hari dengan angin sepoi-sepoi pastinya mantabb kan?

Oya, main ke public space seperti taman kota ini ada toiletnya tidak?
Nah, ini mungkin hasil survey atau studi banding para pejabat itu ke luar negeri...sekarang taman-taman kota di Jakarta dipermak dan ditambahkan fasilitas toilet umum. Ya...penting itu. Kalau tidak ada toilet, warga kota bisa-bisa malas untuk ke taman. Atau yang lebih parah lagi, mereka bisa buang air sembarangan dan membuat taman menjadi kotor, bau dan jorok. Nah,...untunglah, di Taman Kelapa Gading ini ada toilet nya lho. Bersih dan terawat.

Toilet di Taman Jogging Kelapa Gading

Terdapat berbagai variasi tumbuhan tropis di Taman Jogging Kelapa Gading. Katanya ada puluhan ribu tumbuhan. Pohon-pohon yang dulu ditanam sekarang sudah tumbuh tinggi besar. Kanopinya menaungi sehingga membikin asri. Enak sekali sekedar duduk-duduk di bangku tamannya. Tuh,…di bangku yang itu ada anak muda yang lagi asyik belajar main biola. Pelatihnya tekun mendengarkan sambil jarinya mengetuk-ngetuk, menjaga birama. Sementara di ujung sana,..di hari Minggu ini, puluhan anak-anak rajin berlatih taekwondo dibimbing sang Sabam.

Ayo,..maen ke taman!

Sekedar duduk-duduk atau belajar biola. Bisa di sini

Tiap hari Minggu ada latihan Taekwondo di Taman Kelapa Gading

Taman Jogging Kelapa Gading
Alamat: Jalan Bulevar Kelapa Gading Blok GT 3, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Buka: 05.30 – 21.00 WIB (Senin – Kamis), 05.30 – 22.00 WIB (Jumat – Minggu)

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Rumah Makan Arab: Nasi Kebuli dan Sate Kambing di Condet, Jakarta Timur

Kemaren makan di restoran Jepang. Hari ini mau cobain restoran Arab. Mau masakan Arab?

Nih ada rekomendasi yang enak bin lezat bin ajibbb...Saya tahunya dari istri saya, sementara ia tahu dari temannya yang keturunan Arab yang tinggal di sekitar situ. Namanya SATE TEGAL ABU SALIM. Aha,..sang teman ini memang punya benang merah erat sekali dengan rumah makan ini. Apa pasal? Coba simak! Pertama, ia dan “Abu Salim” sama-sama keturunan Arab. Kedua, mereka sama-sama berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Dan ketiga, tinggalnya pun berdekatan: satu di Cililitan, satu lagi di Condet. Klop!

Condet, terkenal dengan salaknya. Di sini, selain ada perkampungan Betawi, juga banyak orang keturunan Arabnya juga. Makanya di sepanjang jalan sempit lebar dua mobil ini banyak bertebaran toko parfum, oleh-oleh haji, kurma, dan obat herbal Arab. Semuanya mirip-mirip. Jadi bingung mana tempat yang bagus untuk dikunjungi. Itulah untungnya kalau punya rekomendasi dari sobat. Walau di sini banyak rumah makan Arab, …

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…
Custom Search