Translate

Jumat, 12 April 2013

Tempat bermain outdoor yang aman dan nyaman: Pulau Situ Gintung

Kalau bukan karena TK-nya anak saya bikin Jambore Kids di sini, sepertinya saya tidak bakalan tahu ada juga tempat wisata keluarga yang asyik di Ciputat. Tepatnya di Situ Gintung.

Kalau sebelumnya anak saya main flying fox-nya indoor di Lolypops, kali ini mau yang versi outdoor nya tidak perlu jauh-jauh ke Kampung Gajah Bandung atau ke Taman Budaya Sentul. Yang ini lebih dekat jadi hemat energi alias orang tua dan anak tidak kecapean di jalan. Hampir sama juga koq permainannya. Di Zona Petualang -nya PULAU SITU GINTUNG juga ada panjat-panjatan, merayap, menyeberangi 'sungai', berlari-lari, menangkap ikan di kolam serta meluncur bergelantungan dengan flying fox. Permainan menantang penuh petualangan namun aman bagi anak-anak. Dipandu dan diawasi oleh para staff yang bukan cuma sigap tapi juga bersahabat dengan anak kecil. Saya lihat, mereka pinter mengajari anak-anak lagu-lagu dan yel-yel ceria. Pula, mereka mengajari anak berkreasi dengan tanah liat dan melukis. Anak-anak senang sekali.

Yang baju ungu, kakak-kakak pemandu adventure zone Pulau Situ Gintung


Anak-anak bergerak melatih motorik. Memanjat, meniti tali, dan bergantungan meluncur di flying fox


Anak-anak melatih keseimbangan, menyeberangi jembatan di atas air.

Anak-anak berkreasi dengan tanah liat dan melukis dengan cat air

Tidak heran bila Pulau Situ Gintung ini menjadi salah satu lokasi pilihan berbagai TK dan Play Group di Jakarta untuk kegiatan outdoor para siswanya. Hanya dengan membayar Rp 20 ribu, kita sudah bisa masuk ke area Taman Wisata Situ Gintung ini. Sementara anak-anak bermain ( masuk ke Zona Adventure Outbound tinggal bayar tiket terusan), para orang tua bisa makan di saung-saung yang ada. Makan gurame enak. Atau sekedar minum kelapa muda segar sambil menikmati pemandangan Danau Situ Gintung.


Danau Situ Gintung terlihat dari area makan VIP

Saung makan di area outbound Zona Petualang

Ya,...rimbunnya pepohonan dan rumput hijau memberikan suasana segar alami. Kami ke sana saat weekday (hari kerja), dan ternyata banyak pula orang kantoran (dosen UIN dan para profesional) yang memilih makan siang di Taman Wisata Situ Gintung ini. Baik untuk rapat, menjamu tamu, atau sekedar makan siang santai. Bahkan sepertinya tempat ini juga cocok untuk dipakai acara gathering kantor karena ada lapangan rumput yang cukup luas. Kemarin itu, sembari anak-anak 'berpetualang', para ibu-ibu dan bapak-bapaknya sibuk lomba yel-yel di lapangan rumput. Rame dan seru! :)
Saung makan dan lapangan rumput. Terlihat Danau Situ Gintung ada di belakang saung.

Puas berpetualang dan berkreasi, anak-anak langsung pada nyemplung ke kolam renang...The party is not over yet!  Mainan favorit anak-anak... maen aer!!
Hehehe,...ada dua kolam renang anak lengkap dengan wahananya seperti perosotan air, jembatan, ember siram, dan lain-lain. Jadinya, ya itu,..anak kami "lupa diri". Tanpa aba-aba,..lagi makan siang tiba-tiba dia nyebur ke kolam...Terlanjur basah, ya sudah mandi saja.

Kolam Renang dan saung makan di Taman Wisata dan Restoran Pulau Situ Gintung, Jakarta

Asyik ya? Tertarik ke sini?
Bagaimana caranya mau ke Pulau Situ Gintung?

Gampangnya, lewat tol TB Simatupang ke arah Pondok Indah. Kalau dari arah Cawang berarti keluar di exit tol Ciputat lalu ketemu lampu merah belok kiri masuk ke Jalan Pasar Jumat. Kalau dari arah Serpong berarti keluar di exit Pondok Pinang / Ciputat, lalu putar balik masuk ke Jalan R.A Kartini dan ketemu lampu merah belok kiri ke Jalan Pasar jumat.

Nah, di Jalan Pasar Jumat ini tidak berapa jauh nanti di depan jalannya terbagi tiga lajur. Hati-hati. Ambil lajur yang tengah masuk kolong /terowongan (kalau yg kiri ke terminal lebak bulus dan cirendeu, kalau yang kanan ke jalan ciputat raya dan pondok pinang).  Nah, lurus terus di Jalan Ir. H. Juanda ini nanti ketemu Sekolah Polisi PTIK Ciputat. Lurus saja terus menuju ke UIN - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Sebelum kampus UIN itu nanti belok kiri. Belokannya mana?

Hmmm,...here comes the tricky part!

Anda sudah dekat ke Pulau Situ Gintung, tapi sepanjang jalan memang tidak akan Anda temui petunjuk jalan yang memandu Anda ke tempat wisata yang satu ini. Beda sekali kalau kita mau ke Kampung Gajah atau Rumah Sosis atau semacamnya di Bandung...sepanjang jalan banyak plang petunjuk arah. Kalau tempat wisata di Jakarta sepertinya memang minim signage. Saya saja sampai muter-muter tiga kali mencari belokannya. GPS pun tidak membantu. Alhasil, setelah tanya sana-sini barulah bisa ketemu belokannya.

Jangan sampai deh Anda juga tersesat seperti saya. Perhatikan baik-baik!

Belokannya itu SEBELUM Kampus UIN (kalau Anda sudah sampai kampus UIN berarti Anda kelewatan sekitar 100 meter. Segera cari putaran balik dan mundur lagi).
Persis di tengah kemacetan sebelum kampus UIN ada GERBANG bertuliskan "UIN KAMPUS 2"...Nah, Anda masuk deh ke gerbang itu...masuk ke jalan itu. Jalannya memang sempit dan lagi-lagi sepanjang jalan ini tidak ada petunjuk arah. Jalan perlahan saja, ...anda makin mendekati target. SEBELUM kampus Kedokteran ada belokan ke kiri. Jalannya menurun. Anda belok kiri masuk ke situ. Kira-kira beberapa ratus meter dari situ, tidak jauh...tengok-tengok ke kiri..dan Anda akan lihat ada pelang kecil bertuliskan Pulau Situ Gintung. Nah, itulah dia! Anda sudah sampai...Hehehe... Selamat bersantai dan makan!

Pelang Nama Taman Wisata dan Restoran Pulau Situ Gintung, Cirendeu

Pintu masuk Taman Wisata Pulau Situ Gintung, Ciputat

Restoran "Taman Wisata dan Kolam Renang" PULAU SITU GINTUNG
Alamat: Jalan Kertamukti Pisangan Barat RT 03/09 No 20
Desa Cirendeu, Ciputat
Telpon: 0217495341, 02191268177

2 komentar:

  1. Pengen tau dong detail harga tiketnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detail tiket per games saya kurang tahu karena waktu itu anak saya masuk bareng rombongan TK. Tapi kalau tiket masuk ke dalamnya bayar 20ribu.

      Hapus