Langsung ke konten utama

Restoran Sari Idaman - Tempat Makan di sekitar LP Cipinang (bagian 2 dari 2)


Kalau lagi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, kami suka bingung mau makan di mana. Soalnya sepanjang jalan ini, dari Pondok Kopi sampai Jatinegara, tidak ada tempat makan yang enak, bersih dan nyaman untuk keluarga. Tidak ada Rumah Makan Sederhana, Pagi Sore, Bakmi Golek, atau yang ala western seperti KFC atau Pizza Hut. Padahal biasanya tempat makan itu ada di berbagai pelosok jakarta, tapi tidak di sini. Unik juga...

Di Mall Ramayana Klender sebetulnya ada beberapa tempat makan franchise, namun kami kurang suka sebab rasanya kok kurang praktis. Mau makan saja musti ke mall. Harus parkir pakai tiket,..muter-muter cari parkir susah, habis itu jalan dari parkiran ke mall juga cukup jauh. Ribet deh...

Nah, beruntung beberapa hari lalu tanpa sengaja kami menemukan tempat makan yg representatif tadi itu. Letaknya memang tidak persis di jalan I Gusti Ngurah Rai / pinggir rel kereta api, melainkan belok ke jalan di sampingnya LP Cipinang. Namanya Jalan Cipinang Jaya. Kira-kira 300 meter dari belokan itu. Lurus saja. ke arah BKT (Banjir Kanal Timur), sebelum Rumah Makan Sate Cilampeni Ibu Bandung. Letaknya di sebelah kiri, pas di patahan jalan ada pelangnya terlihat. Namanya RUMAH MAKAN SARI IDAMAN.

Bagi yang tinggal di kompleks Cipinang Elok atau sering lewat sini pastinya sudah tahu sekali dengan restoran ini. Sepertinya ini restoran legendaris. Hehehe... Bangunannya sudah jadul sekali, bukan cuma dari gaya arsitekturnya tapi juga memang terlihat fisiknya juga sudah dimakan usia. Bahkan pelayan dan karyawan-karyawannya juga. Terlihat sudah cukup berumur...you won't find any 'ababil' or 'alay' as the waiter. :)  Sepertinya sejak tahun 80 atau 90-an mereka sudah berkiprah. So, the good point is...setidaknya rasa masakan di Sari Idaman ini tidak perlu diragukan lagi dong harusnya. Rumah makan kalau mampu bertahan selama itu, tentunya memiliki suatu x factor. Apakah itu?

Waktu pertama kali datang, yang bikin kami tertarik mampir sebetulnya tulisan di pelang namanya: "Rumah Makan Sari Idaman, menyajikan menu ikan langsung dari kolam".. Nah, kami langsung terpikirkan suasana seperti di Gubug Mang Engking, di mana kita akan makan di saung-saung di atas kolam ikan. Suasananya sejuk dan banyak pohon serta ikannya segar-segar karena kita tangkap dulu dari kolam. Maklum saja,..di Jakarta Timur kami belum menemukan tempat makan seperti itu, jadinya kami sangat merindukan makan di tengah asrinya alam segar... :)  kami pun mampir..dan ternyata sodara-sodara....

Tidak ada!
Tidak ada pekarangan luas berikut pohon-pohonnya seperti di Pulau Situ Gintung...Tidak ada saung di atas kolam ikan seperti di Mang Engking... Yang ada hanyalah kolam kecil tak terawat berisi ikan mas hias, bukan untuk dimakan. Tempat makannya pun tidak seberapa luas. Tadinya kami pikir, restoran ini dari luar terlihat kecil tapi ke belakang-belakangnya luas.. Namun ternyata tidak. You Get What You See... :)

Namun, terlepas dari ekspetasi yang tak berkesampaian itu...sebetulnya Restoran Sari Idaman ini cukup nyaman kok untuk keluarga. Suasananya pedesaan dengan atap struktur kayu dan dinding bambu. Tempat duduknya ada yang lesehan ada yang pakai meja. Mau ruangan ber-AC juga ada. Para pegawai kantoran yang makan di sini umumnya pilih yang AC. Maklum bow,..baju kantoran kan gerah kalau gak pakai AC...


Di sebelah kanannya pintu masuk, yang bentuknya seperti rumah di belakang pagar besi itu adalah ruang makan ber-AC RM Sari Idaman.

Suasana di Rumah Makan Sari Idaman, Cipinang

Tempat makan lesehan di Sari Idaman, Cipinang

Di bagian belakang, ada dinding bambu dengan pintu bertuliskan "Dilarang Masuk". Nah, saya menduga barangkali di balik dinding bambu ini ada kolam ikan Gurame. Jadi mungkin, sebelum dimasak, guramenya ditangkap dulu dari kolam ini...Tapi entahlah...itu cuma dugaan saya.. :)

Di balik dinding bambu ini ada apa ya?

Rumah Makan Sari Idaman menyajikan Masakan Sunda dan Masakan Jawa. Tinggal pilih, mau 'Wilujeng Sumping' atau 'Sugeng Rawuh',..demikian tertulis di menunya. Menu andalan sekaligus favorit pengunjung: Ikan Gurame. Kali ini kami pilihnya Sop Gurame, bukan gurame bakar. Soalnya kalau gurame bakar biasanya kita repot karena mesti sibuk mengusir lalat. Porsi sup-nya besar. Buat berdua berlebih... Kuahnya merah bisa pedas bisa juga pesan yang tidak pedas. Soal rasa, menurut saya lebih enak yang di Sari Idaman ini dibanding Sup gurame Mang Engking, Depok.

Menu andalan Restoran Sari Idaman, Cipinang

Sop Gurame Sari Idaman dan Bunga Pepaya Kangkung Tumis Belacan

Sebagai pelengkap gizi, kami juga memesan Sayur Bunga Pepaya Kombinasi Kangkung. Ditumis, dicabe, dan diberi terasi.

Bayar berapa tuh untuk berdua menikmati dua menu ini? Rp 91.515. Untuk yang melankolik, berikut saya ketikkan rincian harganya:

Nota RM Sari Idaman, Cipinang Jakarta Timur


2 porsi Nasi putih: Rp 9.092
1 porsi Sop gurame (6 ons): Rp 52.284
1 Bunga Pepaya Kangkung Belacan: Rp 14.545
4 kerupuk putih: Rp 3.636
2 Teh Tawar: Rp 3.638

Sub Total: Rp 83.195
Pajak 10% : Rp 8.320
Total: Rp 91.515

Rumah Makan Sari Idaman
Alamat: Jalan Cipinang Jaya No 25 A, Jakarta Timur
Telpon: 0218198577

Komentar

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…

Di Mana Tempat Makan yang Enak dan Nyaman di Sekitar Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur

Pernah dengar Ikan Bakar dalam Bambu? Apaan tuh?
Itu hidangan khas entah dari mana...mungkin dari Pulau Karimata dekat Kalimantan sana. Ikan Patin dimasukkan ke dalam potongan bambu hijau bersama dengan beragam bumbu lalu dibakar. Semacam pepes.

Rasanya bagaimana?
Kok ya mirip-mirip seperti rendang ya? hehehe...iya lhoh..istri saya juga bilang begitu. Sepertinya ini bikinnya pakai santan.

Ikan bakar dalam bambu "Karimata" ini porsinya lumayan besar. Satu ekor ikan patin ukuran sedang, kami makan berdua selalu saja tidak pernah habis. Sepertinya untuk 3 orang juga cukup. 4 orang juga bisa bahkan.

Ini dia Ikan Patin bakar dipepes dalam bambu (kanan). Kalau yang kiri, itu ikan dori saus mayonaise
Nah, bagi yang suka berwisata, jalan-jalan ke Sentul City pastinya sudah tahu tuh Rumah Makan Ikan Bakar Bambu di dekat simpang Pintu Tol, Jalan M.H. Thamrin, Sentul.  Tapi rupanya, bagi kami yang di Jakarta Timur tidak perlu jauh-jauh ke Sentul kalau mau menikmati masakan lezat ini. Cu…
Custom Search