Langsung ke konten utama

Makan apa ya enaknya kalau lagi di Depok: Gubug Makan Mang Engking

Makan apa ya enaknya kalau lagi di Depok?

Datang aja tuh ke UI. Ya, gak salah.. UI - Universitas Indonesia. Bukan makan di kantinnya, tapi meluncur deh ke hutannya UI. Duh, makin gak nyambung kayanya.. Tapi ini ciyus miapa lho... Soalnya berbatasan dengan danau di samping hutan UI ada resto enak "Mang Engking". Suasana alami pedesaan, makan di saung bambu di atas kolam ikan.  Menu andalannya udang bakar madu dan gurame kecap.

Gubug Makan Lesehan "Mang Engking"

Entrance gubug makan lesehan Mang Engking

Nah, kami pesan yang itu, hanya saja guramenya kami ganti sop. Agar anak-anak balita ini bisa ikut makan, kami pesan sopnya dibikin tidak pedas. Porsi sop nya banyak lho. Bisa buat empat orang, karena ini satu ekor ikan gurame utuh dari kepala sampai ekor.

Rasanya bagaimana? Sop di Mang Engking kuahnya bening dan kuat dengan aroma bawang merah goreng dan bawang putih goreng. Mirip-mirip dengan sop ikannya Kopi Tiam Oey.  Rasanya enak, meskipun saya lebih suka dengan sop gurame Rumah Makan Sari Idaman di Cipinang.

Sop Ikannya sudah setengah ludess... Udang Bakar Madunya apalagi...

Bagaimana dengan udang bakar madu Mang Engking? Yang ini enak juga. Tidak salah kalau ini jadi menu andalan sekaligus favorit penikmat kuliner. Mengingatkan saya akan lezatnya udang bakar madu Bandar Jakarta, Ancol :).  Hanya saja yang ini udangnya lebih kecil tapi porsinya empat tusuk. Mantabb.. Saya dua, istri juga makan dua. Anak-anak? Mereka gak mau. Abis pedes sih.. Hehehe

Bagi yg berasal dari yogyakarta sepertinya tidak asing lagi dengan Rumah Makan Mang Engking ini, karena memang asalnya dari Jogja. Pusatnya di sana. Yang di Depok ini cabangnya. Juga yang di Cibubur, Cimanggis, Semarang dan Surabaya. Cabang Depok ini arealnya cukup luas. Saungnya banyak dan berbagai "gaya". Ada yg model panggung, saung di tengah kebun jagung, atau seperti kami, saung di atas kolam (jadi bisa sambil memberi makan ikan mas di kolam. Beli palet makanan ikan Rp 2.500 per kantong. Hubungi saja waiternya).
Yang kurang suka lesehan bisa makan di hall makan ini. Bisa muat banyak kalau bawa rombongan

Ini nih saung bambu tempat kami makan. Di atas kolam ikan mas

Di area belakang ada saung makan di tengah kebun jagung...serasa di desa

Berlokasi di tengah sejuknya Kota Depok dan alaminya kampus UI, membuat suasana makan di Mang Engking sungguh nikmat. Bagaikan oase segar di tengah ruwetnya kemacetan kota Jakarta :).    Banyak selebritis, artis dan pejabat yang sudah pernah mampir makan di Mang Engking. Di hall of fame nya antara lain terfoto: Bapak B.J. Habibie, Bapak Jusuf Kalla, Rano Karno, Roy Suryo, Rieke "Oneng" Dyah Pitaloka, Rhoma Irama, Intan Nuraini, Dave Hendrik, Manohara, Tora Sudiro, Olga Syahputra, dan lain-lain.
Foto-foto para orang terkenal yang pernah mampir di "Gubuk Sunyi di Tepi Danau" ini

Bagaimana kalau mau menuju ke Resto Mang Engking?
Gampang saja, pokoknya tuju saja Kampus UI Depok. Bisa naik kereta api, turun di stasiun UI lalu lanjut naik ojek atau bus kampus (gratis) ke hutan \ danau. Atau kalau pakai kendaraan sendiri, bisa datang dari Lenteng Agung, Jakarta atau Margonda Depok. Sampai di putaran UI, pelan-pelan,..sebab begitu ketemu gerbang UI (yang bentuknya segitiga) langsung belok kiri masuk situ dan belok kanan. Nanti ada pos jaga security. Ambil pass masuk dan langsung deh terlihat parkiran kendaraan ramai. Nah, itulah dia Mang Engking!

Bawa dana berapa nih kalau mau makan di Mang Engking?
Yah. Kalau anda makan berdua dan pesan 2 menu andalannya (udang dan gurame) plus minuman persiapkan saja uang sekitar 300 ribu. Amanlah itu...
Dan buat yang melankolik, berikut saya ketikkan rincian harga yg kami makan kemarin:

Udang Bakar Madu Standar Rp 70.000,
Sop gurame Rp 70.000
Sambal terasi Rp 4.500.
Nasi putih 3 porsi Rp 15.000,
Es jeruk Rp 19.000
Kopi susu Rp 9.000
Air mineral 2 buah Rp 12.000

Total Rp 199.500
Pajak restoran Rp 19.950
Grand total Rp 219.450

Alamat dan Nomer Telpon:
Gubug Makan Mang Engking Cabang UI Depok
Danau Salam Kampus UI Depok, Jakarta.
Telpon 02199569150, 02197198718
Handphone: 085814113926 , 08161117751
email:gmme_depok@yahoo.co.id
Buka setiap hari jam 10:00 sampai 21:00. Last order jam 20:30

Gubug Makan Mang Engking  Pusat
Jamur, Sendangrejo, Minggir, Sleman, Yogyakarta
Telpon: 02747489732
HP: 085868020045.

Gubug Makan Mang Engking Cabang Utama
Jalan Soragan no 13 Yogyakarta 55182 (selatan Mirota, jalan godean +- 100 meter)
Telpon 0274622972.

Gubug Makan Mang Engking Cabang Jakarta:
Taman Rekreasi dan Edukasi "Telaga Arwana Cibubur",
Jalan Jambore Pondok Rangon, Harja Mukti, Cimanggis, Depok
Telpon 02197198718, 02126137812

Gubug Makan Mang Engking Cabang Surabaya:
Klangen, Dewun Sewu, Pandaan, Surabaya
Telpon 03437797917 , 0343633801.

Gubug Makan Mang Engking Cabang Semarang:
Jalan Singosari Raya No 10, Semarang
Telpon 0248451490

Komentar

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…

Panduan Mudik Jakarta - Palembang Jalan Darat Bawa Mobil

Mau ke Palembang nih ceritenye? Ade ape?
Oohh...lagi dinas ya? Urusan kantor?
Atau lagi kondangan, dapet undangan pernikahan saudara dekat?

Kalau kami, kebetulan baru aja silaturahmi sekaligus liburan. Yah,.. belated homecoming gitu dehh,...alias mudik telat. Udah lebaran ketiga baru deh beranjak ke kampung halaman, meluncur pakai mobil, jalan darat Jakarta – Palembang.

Jadinya sih enak juga. Jalanan kosong melompong sepanjang jalan. Belum ada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang beropearsi. Truk dan pick up pengangkut logistik juga belum pada jalan. Lengang....Alhasil, jarak 600 km ditempuh dalam waktu hanya 18 jam saja. Kami berangkat dari rumah Pondok Kelapa jam 4:00 pagi, dan tiba di Plaju, Palembang jam 22:00. Ini tergolong cepat, sebab bilamana musim mudik, perjalanan bisa sampai 24 jam bahkan 36 jam. Wuih,..lama ya?

Iya,..sebab yang bikin lama itu antri di Pelabuhan Merak waktu mau masuk kapal Ferry. Pernah tuh, dua tahun yang lalu,..kami antri sampai 6 jam di pelataran p…
Custom Search