Langsung ke konten utama

Tom Yam Enak Favoritnya Laudya Chintya Bella

Restoran CJ Tom Yam di Jalan Adhyaksa, Lebak Bulus, Jakarta
Keluarga kami suka jalan-jalan ke tempat yang sejuk. Yang dekat Jakarta tentunya ke Bandung atau Bogor. Tapi, kadang ingin juga mencari lokasi yang sejuk dan rimbun di Kota Jakarta. Sebetulnya ada kok beberapa tempat yang demikian, seperti di Cilangkap,  Cipayung dan sekitar Taman Mini, Jakarta Timur. Namun, Kali ini kami memilih ke arah Jakarta Selatan. Saya ingat, di sekitar Ragunan suasananya masih hijau dan nyaman. Jadinya, sore itu kami meluncur dari pondok kelapa masuk ke tol JORR (Lingkar Luar).

Ke luar di exit tol Lenteng Agung lalu menyusuri jalan di pinggir tol TB Simatupang, belok kiri ke arah Kebun Binatang Ragunan. Kami jalan-jalan sore menikmati suasana rimbun dan sejuk Ragunan, Jagakarsa dan Cilandak. Di daerah Kahfi memang masih suasana alami dengan pepohonan rimbun. Apalagi saat itu Jakarta sedang diguyur hujan, jadinya makin segar rasanya.

Menjelang sore, perut terasa mulai lapar. Saya ingat ada restoran Tom Yam yang saya yakin ini salah satu favoritnya Laudya Chintya Bella. Namanya CJ Tom Yam, kepunyaannya sang pacar, yaitu Chico Jericho. Bisa ketebak dong “CJ” asalnya dari inisial siapa?

Memang keluarganya CJ (ayahnya) berasal dari Thailand jadi tahu sekali bagaimana cita rasa masakan Thailand yang sebenarnya. Jadinya mereka memutuskan membuka rumah makan Thailand yang ternyata memang dapat respon bagus dari para pemirsa..eh,..penikmat kuliner Jakarta. Ya,…kabarnya kokinya didatangkan langsung dari Thailand lho.
Interior Rumah Makan CJ Tom Yam, Lebak Bulus, Jakarta

Kami memesan Tom Yam Sea Food. Isinya beragam makanan laut yaitu ikan, udang, kerang, dan cumi, disajikan dengan kuah tom yam yang pedas, asin, asam dan manis. Semua rasa berbaur nikmat yang dicirikan oleh rempah,  kecap ikan (nam pla), jahe, daun ketumbar, serai, dan kemangi khas thailand. Sedap mantabb karena semua sea-food nya masih segar. Dimasaknya pas, tidak kelamaan sehingga kerang dan udangnya masih terasa kenyal. Porsinya lumayan besar. Pesan satu bisa buat berdua. Jadi enak buat ‘makan tengah’.
Tom Yam Sea Food dan Thai Tea
Selain Tom Yam, sebetulnya banyak juga lho kuliner Thailand yang memang enak juga dan bisa dinikmati di CJ Tom Yam. Ada Thai Tea…(yang ini menurut saya lebih enak dari Thai Tea-nya J-Co), atau singkong Thailand. Nah, kuliner ini berupa ubi kayu alias ketela alias singkong rebus yang dibubuhi semacam cocolan yang manis mirip fla. Pesan satu porsi cukup untuk berdua, karena porsinya besar. Rasanya? Ya enak juga… :)
Singkong Thailand di CJ Tom Yam
Oya, di mana nih CJ TOM YAM?

Masuk Tol TB Simatupang (JORR / Lingkar Luar Jakarta), kalau dari arah Cawang menuju Tangerang, melewati Cilandak dan Fatmawati, keluar di exit Ciputat. Lalu menyusuri pinggir tol (Jalan RA Kartini). Pelan-pelan saja. sebelum Mall Point Square – jangan sampai kelewatan – ada Jalan belok ke kiri. Masuk ke situ. Itu namanya Jalan Adyaksa Raya (saya kebetulan tahu jalan ini karena ada teman saya yang rumahnya di komplek daerah sini). Terus aja lurus di jalan ini. Jalanannya rindang banyak pohon serta jalur kiri dan kanan dipisahkan oleh kali. Banyak rumah makan di jalan ini, di antaranya Mie Ceker Bandung, Tidak jauh, nanti ketemu persimpangan. Nah, CJ Tom Yam persis di salah satu pojokan simpang empat ini. Letaknya bersebelahan dengan Indo Maret.

CJ Tom Yum
Jl. Adhiyaksa No. 5, Lebak Bulus, Jakarta Selatan
Telpon (021) 7592-1405

Komentar

TAS PREMIUM INDONESIA

TAS PREMIUM INDONESIA
INDONESIAN PREMIUM BRAND

Postingan populer dari blog ini

Toko Roti dan Kue di Cipinang, Pondok Bambu dan Pondok Kopi: Maharani, Mayestik dan Sedap Wangi

Kemarin dua hari berturut-turut kami dapat dua tempat makan yang layak dibahas masuk blog keren ini. :) Yang satu toko roti plus mini resto, yang satu lagirestoran legendaris. Lokasinya berdekatan. Tidak samping-sampingan memang, tapi masih di area yang sama. Untuk ukuran Jakarta ini masih sangat dekat. Masih satu kelurahan, terpisah hanya sekitar 2 km atau 20 menit berkendaran bermotor. Dekat kan? 
Gara-garanya begini. Suatu sore kala mencari tempat memesan kue ulang tahun untuk si Mei Mei, kami menemukan toko kue dan roti “baru”. Sebenarnya, kaminya yang baru tahu. Kalau toko roti ini sih sepertinya sudah lama banget. Namanya “SEDAP WANGI”. Istri saya senang sekali sebab ia seorang penggemar bolu, roti, cake, donuts, dan kudapan manis lainnya. Sebelumnya, di kawasan Duren Sawit sini kami baru punya dua tempat andalan yaitu Mayestik di Pondok Bambu dan Maharani di Pondok Kopi. Nah, sekarang ia punya pilihan alternatif rasa dan varian: Toko sekaligus Pabrik Roti “Sedap Wangi” di Cipi…

Tempat Makan yang Suasana Alam di Jakarta Timur; Makan di Saung

Sebagai warga Jakarta, kami merindukan makan siang di tempat yang asri. Di bawah rindangnya pepohonan, dengan semilir angin membelai lembut, dan menikmati pemandangan hijau serta kolam ikan yang bergemericik. Yah..rada-rada kaya di Saung Mang Engking Depok gitu deh....Tapi di sini di mana? D tengah belantara hutan beton, di manakah ku harus mencarinya... Ahayyy....

Beruntung sekali, saat pulang dari Taman Gratis Hendropriyono, kami menemukannya! Sebuah rumah makan di kawasan Ceger Taman Mini Jakarta Timur, yang rindang sesuai namanya: Rindang Alam.


Dan tahukah Anda, bila sedang berada di sekitar Ceger sampai Kampung Rambutan atau Taman Mini cukup sulit untuk menemukan rumah makan yang representatif. Dalam artian, makanannya enak dan variatif, harganya tidak mengagetkan, serta tempatnya nyaman terutama untuk keluarga dengan anak kecil atau menjamu tamu/rekan bisnis. Bahkan untuk rapat atau acara perayaan juga bisa, sebab di Rumah Makan Rindang Alam juga ada ruang pertemuannya. Cukup b…

Di Mana Tempat Makan yang Enak dan Nyaman di Sekitar Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur

Pernah dengar Ikan Bakar dalam Bambu? Apaan tuh?
Itu hidangan khas entah dari mana...mungkin dari Pulau Karimata dekat Kalimantan sana. Ikan Patin dimasukkan ke dalam potongan bambu hijau bersama dengan beragam bumbu lalu dibakar. Semacam pepes.

Rasanya bagaimana?
Kok ya mirip-mirip seperti rendang ya? hehehe...iya lhoh..istri saya juga bilang begitu. Sepertinya ini bikinnya pakai santan.

Ikan bakar dalam bambu "Karimata" ini porsinya lumayan besar. Satu ekor ikan patin ukuran sedang, kami makan berdua selalu saja tidak pernah habis. Sepertinya untuk 3 orang juga cukup. 4 orang juga bisa bahkan.

Ini dia Ikan Patin bakar dipepes dalam bambu (kanan). Kalau yang kiri, itu ikan dori saus mayonaise
Nah, bagi yang suka berwisata, jalan-jalan ke Sentul City pastinya sudah tahu tuh Rumah Makan Ikan Bakar Bambu di dekat simpang Pintu Tol, Jalan M.H. Thamrin, Sentul.  Tapi rupanya, bagi kami yang di Jakarta Timur tidak perlu jauh-jauh ke Sentul kalau mau menikmati masakan lezat ini. Cu…
Custom Search